%0 Thesis %9 Skripsi %A AGUS WIDODO, NIM. 11670001 %B Fakultas Sains dan Teknologi %D 2015 %F digilib:17087 %I UIN Sunan Kalijaga %K Ex Post Facto, NUN, Minat Belajar, Kebiasaan Belajar, Prestasi Belajar %P 100 %T KONTRIBUSI NILAI UJIAN NASIONAL (NUN), MINAT BELAJAR, DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SMA N 2 BANGUNTAPAN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17087/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya kontribusi antara Nilai Ujian Nasional (NUN), minat belajar, dan kebiasaan belajar secara tersendiri terhadap prestasi belajar kimia. Selain itu juga untuk mengetahui ada tidaknya kontribusi antara Nilai Ujian Nasional (NUN), minat belajar, dan kebiasaan belajar secara bersamaan terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas X SMA N 2 Banguntapan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non eksperimen yang berjenis ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-2 dan X-4, yang 50 diantaranya digunakan sebagai sampel. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan skala dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya kontribusi antara Nilai Ujian Nasional dengan prestasi belajar kimia, dengan r hitung sebesar 0.621. Pada taraf signifikansi 5% dengan r tabel (n-2) sebesar 0.284. Ditarik kesimpulan bahwa terdapat kontribusi yang positif antara minat belajar terhadap prestasi belajar dengan sumbangan efektif sebesar 23.16%. Kontribusi antara minat belajar terhadap prestasi belajar dengan r hitung sebesar 0.621. Pada taraf signifikansi 5% dengan r tabel (n-2) sebesar 0.284. Ditarik kesimpulan bahwa terdapat kontribusi yang positif antara minat belajar terhadap prestasi belajar dengan sumbangan efektif sebesar 20.34%. Kontribusi antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar dengan r hitung sebesar 0.649. Pada taraf signifikansi 5% dengan r tabel (n-2) sebesar 0.284. Ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar dengan sumbangan efektif 16.44%. Selain itu kontribusi antara Nilai Ujian Nasional (NUN), minat belajar, dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar dengan harga F hitung sebesar 23.013. Pada taraf signifikansi 5% dengan F tabel (df = 3 : 46) sebesar 2.807, F hitung lebih besar daripada F tabel atau dapat dikatakan hipotesis penelitian Ha diterima dan H0 ditolak. Ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang positif antara Nilai Ujian Nasional (NUN), Minat belajar, dan Kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar dengan sumbangan efektif sebesar 59.94%. Kata Kunci: Ex Post Facto, NUN, Minat Belajar, Kebiasaan Belajar, Prestasi Belajar %Z Khamidinal, M.Si.