%0 Thesis %9 Skripsi %A IMAMAH, NIM. 11670052 %B Fakultas Sains dan Teknologi %D 2015 %F digilib:17098 %I UIN Sunan Kalijaga %K Model pembelajaran SAVI, pemahaman konsep dasar kimia, selfefficacy, N-Gain. %P 191 %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC-AUDITORYVISUAL INTELLECTUAL (SAVI) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DASAR KIMIA DAN SELF-EFFICACY SISWA KELAS X SEMESTER GENAP %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17098/ %X Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan pretest-posttest control group design. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas berupa model pembelajaran SAVI serta variabel terikat berupa pemahaman konsep dasar kimia dan self-efficacy siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN Godean Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling, terpilih kelas X D sebagai kelas kontrol dan kelas X F sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu ujian berupa soal pretest-posttest dan nonujian berupa skala self-efficacy serta dokumentasi. Uji hipotesis menggunakan nilai N-Gain. Analisis data menggunakan Independent Sampel Test dan Mann Whitney U sesuai dengan karakteristik data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran kimia dengan model SAVI lebih efektif dibandingkan model pembelajaran Auditory-Intellectual-Repetition (AIR) terhadap pemahaman konsep dasar kimia dengan tingkat keefektivan sedang yang ditunjukkan dari nilai N-Gain 0,6099 pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hal ini juga didukung oleh hasil Independent Sampel Test dengan nilai sig.(1-tailed) 0,017 < α 0,05, (2) Pembelajaran kimia dengan model SAVI lebih efektif dibandingkan model pembelajaran Auditory-Intellectual-Repetition (AIR) terhadap self-efficacy siswa dengan tingkat keefektivan rendah yang ditunjukkan dari nilai N-Gain 0,230 pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hal ini juga didukung oleh hasil Independent Sampel Test dengan nilai sig.(1-tailed) 0,024 < α 0,05. Kata kunci: Model pembelajaran SAVI, pemahaman konsep dasar kimia, selfefficacy, N-Gain. %Z Moh. Agung Rokhimawan, M.Pd.