eprintid: 17109 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/01/71/09 datestamp: 2015-09-01 01:46:41 lastmod: 2015-09-01 01:46:41 status_changed: 2015-09-01 01:46:41 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NUR KHAYATI, NIM. 11670007 title: IDENTIFIKASI PROBLEMATIKA YANG TERJADI PADA PROSES PEMBELJARAN KIMIA DI SEKOLAH INKLUSIF (Studi Kasus Siswa Difabel Rungu Wicara di Kelas X SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta) ispublished: pub subjects: pen_kim divisions: jur_pekim full_text_status: restricted keywords: sekolah inklusif, siswa difabel rungu, kesulitan belajar kimia note: Jamil Suprihatiningrum, M.Pd.Si. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika yang terjadi pada siswa difabel rungu wicara dalam belajar kimia di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui problematika yang terjadi pada guru kimia dalam mengajarkan kimia untuk siswa difabel rungu wicara di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan metode studi kasus, yaitu dengan metode menghimpun dan menganalisis data yang berkaitan dengan suatu kasus tertentu. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa difabel rungu wicara dan guru mata pelajaran kimia di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi partisipan, wawancara secara mendalam, diskusi kelompok terfokus, skala, dan studi dokumen. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini adalah peneliti, pedoman observasi, panduan wawancara, dan lembar skala. Triangulasi metode dan sumber digunakan untuk mengecek keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika yang terjadi pada siswa difabel rungu wicara dalam belajar kimia di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta disebabkan oleh (1) interaksi siswa difabel rungu wicara yang terbatas; (2) komunikasi siswa difabel rungu wicara yang tidak berjalan dengan lancar; dan (3) informasi yang diperoleh siswa difabel rungu wicara yang tidak maksimal. Problematika yang terjadi pada guru kimia dalam mengajarkan kimia untuk siswa difabel rungu wicara di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta disebabkan oleh (1) interaksi antara guru kimia dengan siswa difabel rungu wicara yang belum berjalan dengan baik; (2) komunikasi antara guru kimia dengan siswa difabel rungu wicara yang terbatas; dan (3) metode atau cara mengajar guru kimia yang konvensional. Kata Kunci : sekolah inklusif, siswa difabel rungu, kesulitan belajar kimia date: 2015-06-24 date_type: published pages: 115 institution: UIN Sunan Kalijaga department: Fakultas Sains dan Teknologi thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: NUR KHAYATI, NIM. 11670007 (2015) IDENTIFIKASI PROBLEMATIKA YANG TERJADI PADA PROSES PEMBELJARAN KIMIA DI SEKOLAH INKLUSIF (Studi Kasus Siswa Difabel Rungu Wicara di Kelas X SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17109/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17109/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf