@phdthesis{digilib17110, month = {June}, title = {PENGARUH DESIGNED STUDENT-CENTERED INSTRUCTION (DSCI) TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MAN YOGYAKARTA II KELAS X TAHUN AJARAN 2014/2015}, school = {UIN Sunan Kalijaga}, author = {NIM. 11670031 NURUL KHOTIMAH}, year = {2015}, note = {Jamil Suprihatiningrum M.Pd.Si}, keywords = {DSCI, konstruktivistik, inkuiri, kontekstual, STAD, model pembelajaran, keaktifan, prestasi belajar}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17110/}, abstract = {Telah dilakukan penelitian dengan model Designed Student-Centered Instruction DSCI terhadap keaktifan dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran DSCI terhadap keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas X pada materi hukum kekekalan massa. Desain penelitian ini adalah equivalent kontrol group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dengan cara pengundian. Sampel yang terambil adalah kelas X MIA 3 (kelas eksperimen) dan kelas X MIA 1 (kelas kontrol). Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes (tes kemampuan kognitif) dan non tes (skala keaktifan dan lembar observasi keaktifan siswa). Pengaruh terhadap keaktifan siswa dilihat dari hasil (1) analisis nonparametrik Mann Whitney, (2) gain ternormalisasi, (3) lembar observasi keaktifan siswa yang diubah menjadi data kualitatif dengan skala empat, sedangkan pengaruh terhadap prestasi siswa dari (1) gain ternormalisasi, (2) analisis ketuntasan belajar siswa. Model pembelajaran DSCI berpengaruh secara signifikan terhadap keaktifan siswa, dibuktikan dari hasil uji analisis (1) nilai sig.(2-tailed) dari postskala sebesar 0,003 ({\ensuremath{<}}0,05), (2) nilai sig.(1-tailed) sebesar 0,000 ({\ensuremath{<}}0,05), (3) ratarata kelas eksperimen {\ensuremath{>}} kelas kontrol. Selain itu, model pembelajaran DSCI juga berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa yang terbukti dari hasil analisis (1) nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,00005 ({\ensuremath{<}}0,05), (2) nilai sig.(1- tailed) dari kelas eksperimen sebesar 0,000 ({\ensuremath{<}}0,05) dan nilai sig.(1-tailed) dari kelas kontrol sebesar 0,05 ({\ensuremath{>}}0,05). Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran DSCI berpengaruh secara signifikan terhadap keaktifan dan prestasi belajar siswa. Kata Kunci: DSCI, konstruktivistik, inkuiri, kontekstual, STAD, model pembelajaran, keaktifan, prestasi belajar} }