%A NIM. 1320410025 MIRDA JULIANI %O Dr. Nurussa'adah, S.Psi., M.Si., Psi., %T EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA DI SMAN 14 PEKANBARU %X SMAN 14 Pekanbaru merupakan salah satu sekolah yang baru berdiri pada tahun 2008. Namun, sarana dan prasarana yang cukup memadai dan staf tenaga pendidik yang berkompeten, hal tersebut mendorong tingginya semangat masyarakat kota Pekanbaru untuk terdorong menyekolahkan anaknya di sekolah tersebut. Sekolah SMAN 14 Pekanbaru yang berlokasi di Simpang Tiga kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru Provinsi Riau. Lokasi sekolah SMAN 14 Pekanbaru yang strategis karena bertempat pada Jalur Simpang Tiga yang mempertemukan antar Kelurahan di Kecamatan Bukit Raya, sehingga peminat sekolah tersebut kian hari semakin meningkat. Visi Misi SMAN 14 Pekanbaru untuk mewujudkan “Sekolah Cerdas, Bertaqwa Serta Berakhlak Mulia, Peduli Dan Berbudaya Lingkungan”. Dalam mewujudkan Visi dan Misi tersebut tentunya tidak terlepas dari kendala-kendala yang dihadapi di lapangan. Berdasarkan hasil observasi oleh peneliti masih terdapat beberapa siswa yang belum matang dalam berinteraksi, baik antar teman sebaya maupun dengan lingkungan sekitar. Dengan demikian, peneliti tertarik untuk melakukan suatu kajian, yaitu melalui kegiatan layanan konseling kelompok di SMAN 14 Pekanbaru dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa. Kecerdasan interpersonal dimaksudkan sebagai kemampuan untuk memahami dan bekerja secara efektif dengan orang lain. Dalam rangka mendeskripsikan peningkatan kecerdasan interpersonal siswa melalui kegiatan layanan konseling kelompok, maka jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Dengan metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan layanan konseling kelompok di SMAN 14 Pekanbaru, dan untuk mengetahui faktor penghambat dalam pelaksanaan layanan konseling kelompok. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) efektifitas pelaksanaan layanan konseling kelompok di SMAN 14 Pekanbaru terbilang efektif. Dikarenakan pelaksanaan layanan konseling kelompok di implementasikan sesuai standar praktis dan teoritis, yaitu mulai dari tahap kegiatan awal, peralihan dan pengakhiran. Sedangkan faktor penghambat dalam pelaksanaan layanan konseling kelompok di SMAN 14 Pekanbaru adalah faktor internal dan eksternal. Faktor internal dimaksudkan sebagai faktor penghambat yang datang dari diri konselor itu sendiri. Dalam hal ini konselor di SMAN 14 Pekanbaru belum mengikuti PPK (Pendidikan Pelatihan Konselor). Sehingga hal ini mempengaruhi kompetensi konselor dalam melaksanakan konseling kelompok kurang maksimal. Dan faktor eksternal berkenaan dengan faktor yang ada di luar diri konselor yang dipandang dapat mempengarui kurang efektifnya pelaksanaan layanan konseling kelompok seperti dukungan sarana dan prasarana dan kurang maskimalnya dukungan kerja sama dengan pihak-pihak lainnya. %K efektivitas layanan konseling kelompok, kecerdasan interpersonal. %D 2015 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib17116