%0 Thesis %9 Skripsi %A AHMED ALIK SU’UDI, NIM. 10390033 %B FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKUM %D 2015 %F digilib:17193 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Kata kunci: return saham, Monday effect, Weekend effect, Weekfour effect. %T ANALISIS MONDAY EFFECT, WEEKEND EFFECT, DAN WEEK FOUR EFFECT TERHADAP RETURN SAHAM PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JII PERIODE 2012-2013 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17193/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terjadinya fenomena Monday effect, Weekend effect, dan Week four effect terhadap return saham di Jakarta Islamic Index (JII). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia. Sedangkan sampelnya adalah saham perusahaan yang terdaftar pada Jakarta Islamic Index (JII) dari Januari 2012 hingga Desember 2013. Terdapat 21 perusahaan yang menjadi sampel dalam penelitian ini, dimana pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode purposive sampling. Metode Statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis dilakukan dengan independent sample t-test dan one sample t-test Hasil uji hipotesis 1 dengan menggunakan independent sample t-test menunjukkan bahwa bahwa tidak terjadi Monday effect pada return saham di Jakarta Islamic index pada tahun 2012-3012. Hasil uji hipotesis 2 dengan menggunakan independent sample t-test menunjukkan terjadi Weekend effect pada return saham di Jakarta Islamic index pada tahun 2012-2013. Hasil uji hipotesis 3 dengan menggunakan one sample t-test menunjukkan bahwa tidak terjadi Week four effect pada return saham di Jakarta Islamic index pada tahun 2012-2013. %Z Pembimbing: 1. Sunarsih., SE.M.Si 2. M.Ghafur Wibowo.,SE.M.Sc