%A NIM. 11390075 NUR TANTI KHANIFAH %O PEMBIMBING: 1. JOKO SETYONO, S.E., M.Si. 2. H. M. YAZID AFANDI, S.Ag., M.Ag. %T PENGARUH FAKTOR SOSIAL, PRIBADI, DAN PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN DALAM KEMASAN BERLABEL HALAL (STUDI PADA SANTRI PONDOK PESANTREN AL MUNAWWIR KRAPYAK BANTUL YOGYAKARTA) %X Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh variabel faktor sosial, pribadi, dan psikologis terhadap keputusan pembelian makanan dalam kemasan berlabel halal pada santri pondok pesantren Al Munawwir Krapyak Bantul Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan deskriptif analisis. Dalam penelitian ini populasinya adalah seluruh santri pondok pesantren Al Munawwir Krapyak Bantul Yogyakarta. Sampel yang diambil sebanyak 100 santri dengan teknik pengambilan sampel accindental sampling. Teknik pengumpulan data dengan metode kuesioner. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan uji F, uji koefisien determinasi, dan uji t. Dalam penelitian ini, variabel independen yang digunakan adalah variabel faktor sosial (X1), faktor pribadi (X2), dan faktor psikologis (X3). Sedangkan variabel dependennya adalah keputusan pembelian (Y). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel faktor sosial (X1), faktor pribadi (X2), dan faktor psikologis (X3) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian makanan dalam kemasan berlabel halal. Berdasarkan hasil analisis regresi secara parsial dapat diketahui bahwa variabel faktor sosial (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian makanan dalam kemasan berlabel halal. Sedangkan variabel faktor pribadi (X2) dan faktor psikologis (X3) berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian makanan dalam kemasan berlabel halal. %K Kata kunci: sosial, pribadi, psikologis, keputusan pembelian, label halal %D 2015 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib17225