TY - THES N1 - Pembimbing : Drs. Yusman Wiyatmo, M.Si. ID - digilib1725 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1725/ A1 - ABDUL HAKIM NIM. 03460527, Y1 - 2009/03/20/ N2 - ABSTRAK Pembelajaran model mas-teo-con-sol-lat pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi siswa terhadap proses pembelajaran Pendidikan Sians khususnya Fisika. Lebih spesifik untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran mas-teo-con-sol-lat terhadap motivasi dan prestasi belajar Sains khususnya Fisika. Jenis penelitian ini adalah eksperimen untuk mengetahui pengaruh pembelajaran model masalah-teori-contoh-soal-dan latihan dan latar belakang siswa terhadap motivasi dan prestasi belajar fisika .Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Islam 1 Prambanan Yogyakarta dengan pokok bahasan listrik dinamis. Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data berupa lembar angket motivasi, pre-test dan post-test. Pada penelitian eksperimen ini dapat dilihat dari hasil bahwa ada peningkatan prestasi belajar fisika siswa yang diberikan perlakuan dengan model pembelajaran mas-teo-con-sol-lat dengan nilai rata-rata post test sebesar 17,93 dibanding dengan nilai rata-rata pre test sebesar 11,67. Dari thitung didapatkan nilai sebesar -7,99. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari pembelajaran model mas-teo-con-sol-lat jika dibandingkan dengan nilai ttabel sebesar 2,81. Model mas-teo-con-sol-lat terhadap motivasi siswa juga terdapat pengaruh sebesar -16,49. Secara eksplisit pembelajaran fisika dengan menggunakan model mas-teo-con-sol-lat dan latar belakang siswa berpengaruh terhadap motivasi dan prestasi belajar fisika khususnya di SMA Islam 1 Prambanan Yogyakarta. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Model Mas-Teo-Con-Sol-Lat KW - Latar Belakang Siswa KW - Motivasi dan Prestasi M1 - skripsi TI - PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL MAS-TEO-CONSOL-LAT DAN LATAR BELAKANG SISWA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA (SISWA KELAS X SMA ISLAM 1 PRAMBANAN YOGYAKARTA) AV - none ER -