eprintid: 1725 rev_number: 1 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/17/25 lastmod: 2012-05-04 16:41:28 status_changed: 2012-05-04 16:41:28 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ABDUL HAKIM NIM. 03460527, title: PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL MAS-TEO-CONSOL-LAT DAN LATAR BELAKANG SISWA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA (SISWA KELAS X SMA ISLAM 1 PRAMBANAN YOGYAKARTA) ispublished: pub full_text_status: none keywords: Model Mas-Teo-Con-Sol-Lat, Latar Belakang Siswa, Motivasi dan Prestasi note: Pembimbing : Drs. Yusman Wiyatmo, M.Si. abstract: ABSTRAK Pembelajaran model mas-teo-con-sol-lat pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi siswa terhadap proses pembelajaran Pendidikan Sians khususnya Fisika. Lebih spesifik untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran mas-teo-con-sol-lat terhadap motivasi dan prestasi belajar Sains khususnya Fisika. Jenis penelitian ini adalah eksperimen untuk mengetahui pengaruh pembelajaran model masalah-teori-contoh-soal-dan latihan dan latar belakang siswa terhadap motivasi dan prestasi belajar fisika .Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Islam 1 Prambanan Yogyakarta dengan pokok bahasan listrik dinamis. Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data berupa lembar angket motivasi, pre-test dan post-test. Pada penelitian eksperimen ini dapat dilihat dari hasil bahwa ada peningkatan prestasi belajar fisika siswa yang diberikan perlakuan dengan model pembelajaran mas-teo-con-sol-lat dengan nilai rata-rata post test sebesar 17,93 dibanding dengan nilai rata-rata pre test sebesar 11,67. Dari thitung didapatkan nilai sebesar -7,99. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari pembelajaran model mas-teo-con-sol-lat jika dibandingkan dengan nilai ttabel sebesar 2,81. Model mas-teo-con-sol-lat terhadap motivasi siswa juga terdapat pengaruh sebesar -16,49. Secara eksplisit pembelajaran fisika dengan menggunakan model mas-teo-con-sol-lat dan latar belakang siswa berpengaruh terhadap motivasi dan prestasi belajar fisika khususnya di SMA Islam 1 Prambanan Yogyakarta. date: 2009-03-20 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Saintek/ thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2009-03-20 14:37:30 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--abdulhakim-1396-1-abdulha-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/28/digilib-uinsuka--abdulhakim-1396-1-abdulha-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=1778 ; nama file lama : ABDUL HAKIM 03460527 PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL MAS-TEO-CON-SOL-LAT DAN LATAR BELAKANG SISWA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1589236 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2009-03-20 14:37:30 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--abdulhakim-1396-1-abdulha-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/28/digilib-uinsuka--abdulhakim-1396-1-abdulha-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=1778 ; nama file lama : ABDUL HAKIM 03460527 PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL MAS-TEO-CON-SOL-LAT DAN LATAR BELAKANG SISWA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1589236 Kb. penulis : ; Copyright 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: ABDUL HAKIM NIM. 03460527, (2009) PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL MAS-TEO-CONSOL-LAT DAN LATAR BELAKANG SISWA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA (SISWA KELAS X SMA ISLAM 1 PRAMBANAN YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.