eprintid: 1726 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/17/26 datestamp: 2012-07-13 09:49:53 lastmod: 2016-12-14 04:38:33 status_changed: 2012-05-04 16:41:29 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: AHMAD SYAIFUDIN - NIM. 01430833, title: IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING DALAM MATEMATIKA UNTUK MENGURANGI MISKONSEPSI GEOMETRI SISWA KELAS VIII SMPN 3 BULAKAMBA BREBES JAWA TENGAH TAHUN AJARAN 2007/2008 ispublished: pub subjects: Matematika divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: Pembelajaran Penemuan Terbimbing, Miskonsepsi, Geometri note: Pembimbing I : Drs. Sugiyono, M.Pd., Pembimbing II : Fitriana Yuli Saptaningtyas, S.Pd.Si., M.Si. abstract: ABSTRAK Pada hakikatnya pembelajaran merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menciptakan suasana atau memberikan pelayanan agar murid-murid belajar. Dalam menciptakan suasana atau pelayanan, hal yang esensial bagi guru adalah memahami bagaimana murid-muridnya memperoleh pengetahuan dari kegiatan belajarnya. Jika guru dapat memahami proses pemerolehan pengetahuan, maka ia dapat menentukan strategi pembelajaran yang tepat bagi murid-muridnya. Model Pembelajaran penemuan terbimbing merupakan model pembelajaran aktif yang melibatkan siswa untuk menemukan sendiri konsep yang sedang dipelajari dengan bimbingan guru, sehingga konsep yang ditemukan oleh siswa tidak mengalami miskonsepsi yang menyebabkan kesulitan belajar siswa dan bermuara pada rendahnya prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi miskonsepsi geometri siswa melalui pelaksanaan pembelajaran penemuan terbimbing di kelas VIII SMPN 3 Bulakamba Brebes tahun ajaran 2007/2008. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan subyek penelitian siswa kelas VIII D Semester II SMPN 3 Bulakamba Brebes tahun ajaran 2007/2008. Jumlah siswa kelas VIII D adalah 34 siswa. Tindakan penelitian terdiri dari 2 siklus, siklus I terdiri dari 3 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 3 kali pertemuan. Pokok bahasan yang digunakan pada penelitian ini adalah geometri dan pengukuran: kesebangunan dan kekongruenan. Pada penelitian ini, data diperoleh melalui angket , wawancara, lembar observasi dan tes penguasaan konsep. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan pendekatan pembelajaran penemuan terbimbing dapat mengurangi miskonsepsi geometri siswa tentang kesebangunan dan kekongruenan yang ditunjukkan dengan adanya: 1) peningkatan penguasaan konsep siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 22,29%, 2) penurunan tingkat kesalahan siswa dalam mengerjakan soal yang berhubungan konsep kesebangunan dan kekongruenan sebesar 2,18%. date: 2009-03-20 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Saintek thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2009-03-20 14:49:21 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--ahmadsyaif-1397-1-ahmadsy-i.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/28/digilib-uinsuka--ahmadsyaif-1397-1-ahmadsy-i.pdf ; url download server lama : /download.php?id=1779 ; nama file lama : AHMAD SYAIFUDIN 01430833 IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING DALAM MATEMATIKA UNTUK MENGURANGI MISKONSEPSI GEOMETRI.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1665309 Kb. penulis : ; Copyright 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: AHMAD SYAIFUDIN - NIM. 01430833, (2009) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING DALAM MATEMATIKA UNTUK MENGURANGI MISKONSEPSI GEOMETRI SISWA KELAS VIII SMPN 3 BULAKAMBA BREBES JAWA TENGAH TAHUN AJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1726/1/BAB%20I%2C%20BAB%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1726/2/BAB%20II%2C%20BAB%20III%2C%20BAB%20IV.pdf