TY - THES N1 - Pembimbing I : Drs. H. Sedya Santosa,SS., M.Pd. Pembimbing II : Dra. Endang Sulistyawati ID - digilib1728 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1728/ A1 - AHMAD ZAKI - NIM. 00430384, Y1 - 2009/03/20/ N2 - ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep metode sorogan dalam pembelajaran matematika serta sebagai upaya untuk meningkatkan semangat dan pemahaman siswa kelas XII MA Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII MA Nurul Ummah semester II Tahun pelajaran 2007/2008 dengan jumlah 21 anak. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi selama pembelajaran berlangsung dengan menggunakan lembar observasi aktivitas belajar dan hasil belajar siswa, monitoring evaluasi terhadap guru, angket siswa, wawancara dengan siswa dan guru, catatan lapangan, dan lainnya. Penelitian ini menggunakan dua indikator yaitu proses dan hasil. Proses diambil dari indikator yang meliputi interaksi dan aktivitas dalam pembelajaran. Sedangkan hasil belajar ditinjau dari nilai ulangan harian. Pembelajaran matematika dengan metode sorogan ini merupakan modifikasi dari metode pemberian tugas yang mempunyai komponen pemberian, pelaksanaan, dan pertanggungjawaban tugas seperti metode sorogan kitab di pesantren yang model pertanggungjawaban tugasnya dilakukan secara privat di depan guru. Metode sorogan dapat membantu siswa yang mempunyai kompetensi di bawah standar agar mendapat tingkat pemahaman yang lebih baik dengan melakukan pengulangan materi (remedi). Sebaliknya, siswa yang mempunyai standar kompetensi lebih tinggi akan melaju lebih cepat dari siswa dengan tingkat kompetensi di bawahnya. Pada pelaksanaan metode sorogan matematika, siswa dituntut untuk mempersiapkan diri secara matang dalam penguasaan soal yang akan dibahas agar tampil dengan baik di depan guru dan siswa lain. Sehingga mampu memberikan rangsangan belajar yang baik dan mengurangi keraguan ketika mengerjakan soal matematika. Siswa menjadi tidak takut ketika melihat soal matematika karena ia sudah terbiasa mengerjakan soal. Hasil penelitian menunjukkan semangat dan penguasaan siswa kelas XII MA Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta terhadap pelajaran matematika mengalami peningkatan. Hal ini dapat ditunjukkan dengan meningkatnya persentase aktivitas belajar siswa sebesar 11,45% yakni dari 72,40% pada siklus pertama menjadi 83,85% pada siklus kedua. Peningkatan hasil belajar siswa melalui lembar observasi sebesar 8,33% yakni 79,17% pada siklus pertama dan 87,50% pada siklus kedua. Hasil belajar siswa melalui tes juga meningkat yakni nilai rata-rata kelas siswa 6,9 pada siklus pertama dan nilai rata-rata kelas siswa 7,8 pada siklus kedua. Nilai rata-rata kelas ini diambil dari nilai ulangan harian. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Pembelajaran KW - metode sorogan matematika M1 - skripsi TI - PELAKSANAAN METODE SOROGAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (SEBUAH PENELITIAN TINDAKAN KELAS) AV - restricted ER -