TY - THES N1 - Pembimbing : Drs. Murtono, M.Si. ID - digilib1730 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1730/ A1 - AINUN FUADAH - NIM. 03460532, Y1 - 2009/03/20/ N2 - ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah pertama, untuk mengetahui penerapan Cooperative Learning yang dilaksanakan dalam pembelajaran Fisika. Kedua, untuk mengetahui efektifitas pembelajaran Fisika dengan menggunakan tipe pendekatan pembelajaran Cooperative Learning dan video pembelajaran interaktif dalam meningkatkan Aktivitas Belajar siswa. Ketiga, untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap pembelajaran fisika dengan pendekatan Copertaive Learning dengan bantuan video pembelajaran yang interaktif. Penelitian ini dilaksanakan di MAN Sooko Mojokerto pada tanggal 1 Agustus sampai dengan 2 September 2007. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA MAN Sooko Mojekerto. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan mengambil model penelitian Kemmis-Taggart. Teknik pengambilan data melalui observasi, studi dokumenter, interview, angket/kuisioner serta tes yang meliputi pre test, post test dan individual tes. Teknik analisa data; proses menggunakan persentase kenaikan aktivitas siswa, angket dengan jangkauan kuartil, sedangkan produk menggunakan teknik frekuensi relatif. Adapun Instrumen tes telah disetujui oleh guru Fisika MAN Sooko Mojokerto yang juga selaku partner penelitian untuk diberikan sebagai pre tes, post tes dan individual (Final) tes kepada siswa kelas XI IPA MAN Sooko Mojokerto. Hasil penelitian menunjukkan beberapa hal yakni : Pertama, Penerapan pelaksanaan pendekatan Cooperative Learning dengan menggunakan video interaktif untuk meningkatkan kualitas belajar fisika siswa kelas XI IPA MAN Sooko Mojokerto berhasil dengan baik. Kedua, Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan cooperative learning dengan menggunakan video interaktif dapat meningkatkan kualitas belajar siswa kelas XI IPA MAN Sooko Mojokerto dengan kenaikan total kualitas aspek efektif sebesar 15,8% untuk batas atas (skor tertinggi) dan 46,5% pada batas bawah (skor terendah), kenaikan total aspek kognitif dan psikomotorik siswa terendah sebesar 0,2% dan tertinggi sebesar 70%, dan mencapai ketuntasan klasikal sebesar 81,39%. Ketiga, pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Cooperative Learning dan media CD pembelajaran interaktif ini mendapatkan tanggapan sangat positif diindikasikan dengan jumlah item dengan sikap sangat positif sebesar 70% dari seluruh item yang ada. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Cooperative Learning KW - Video (CD) Interaktif KW - Fisika KW - Penelitian Tindakan Kelas M1 - skripsi TI - PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN VIDEO INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI MAN SOOKO MOJOKERTO AV - none ER -