%0 Thesis %9 Skripsi %A IMRON ROSIDI, NIM. 02421392 %B FAKULTAS TARBIYAH %D 2007 %F digilib:17301 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K bahasa arab, studi perbandingan %P 145 %T DIRASAH MUQARANAH FI MAHARAT AL QIRA'AH BAYNA TULAB AL FASL AL HADIY 'ASHARA AL MUJANIBIN WA GHAYR AL MUJANIBIN BIMADRASAH AL MU'ALIMIN AL MUHAMMADIYYAH YOGYAKARTA (AL MUSTAWA AL AWAL AL SANAH AL DIRASAH 2006-2007) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17301/ %X Dirosat Muqoronah fii Mahaarot al Qiro 'ah baina Thullaab al fashli al Haadiy 'Asyaro al mujanibin wa ghoiru al Mujanibin bi Madrasah "al Mu'allimin " al 'Aliyah al Muhammadiyah Yogyakarta (al Mustawa al Awwal as sanah ad dirosiyyah 2006-2007. Dalam pelajaran bahasa arab, membaca (al qiro'ah) mempunyai peranan yang signifikan. Hal irii bisa kita lihat, bahwa kemampuan membaca menjadi alat dalam usaha memperoleh ilmu pengetahuan yang lain. Penelitian ini mencoba melihat fenomena pengajaran al qiro'ah di madrasah-madrasah yang semakin tidak mampu mencapai tujuan pengajaran. Fenomena ini dapat kita asumsikan dengan melihat banyaknya siswa yang mengetahui tata bahasa dan penguasaan kosakata secara baik, akan tetapi masih kesulitan ketika membaca teks-teks berbahasa arab yang belum pernah dibacanya. Ini menunjukkan kemampuan membaca masih banyak dibawa oleh kebiasaan Membaca itu sendiri. Dalam hal ini, penulis mengambil tempat penelitian di MA "Mu' allimiin Muhammadiyah", karena melihat bahwa dalam segi pengajaran bahasa arab, madrasah tersebut dikenal telah memenuhi kritetia pengajaran bahasa seperti, asrama, tenaga pengajaran native speaker, dan yang lain. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan studi komparatif dikarenakan Ingin mengetahui sejauh mana pengaruh pengajaran al qira’ah terhadap siswa melalui perbandingan siswa kelas XI yang menjadi mujanib (pendamping siswa yang lebih rendah tingkatannya di asrama) dan yang bukan mujanib. Dengan_ analisa kuantitatif dari angket dan tes uji kemampuan (yang terdiri dari tes tulis dan tes lisan), penulis menggunakan teknik induktif untuk angket dan uji t-2 sampel untuk tes dengan terlebih dahulu menguji tingkat validitas dan reliabilitasnya (teknik Spearman-Brow dengan rumus r product moment), serta uji data dengan statistik parametrik (homogenitas). Meskipun dengan tingkat homogenitas yang rendah , diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam kemampuan membaca antara siswa yang mujanib dan yang bukan mujanib. Hal ini menunj ukan bahwa, pengajaran bahasa arab di madrasah ini masih dipengaruhi oleh tingkat pengalaman belajar siswa secara personal dan helum memberikan pengaruh secara merata. %Z Drs. Dudung Hamdun, MA