eprintid: 17383 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/01/73/83 datestamp: 2015-10-07 00:38:57 lastmod: 2015-10-07 00:38:57 status_changed: 2015-10-07 00:38:57 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MUHAMMAD KHOIRUL FIKRI, NIM: 1320310007 title: PENGARUH BANK SYARIAH TERHADAP KEPUASAN NASABAH PENGUSAHA BATIK DI PEKALONGAN (Perbandingan Bank Syariah dengan Bank Konvensional) ispublished: pub subjects: hukum divisions: pps_hi full_text_status: restricted keywords: Syariah, Bank, Pengusaha note: Dr. Bachruddin, M.Si abstract: Fokus permasalahan yang peneliti angkat dalam penelitian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan nasabah pengusaha batik di Pekalongan pada bank syariah, dalam hal ini juga membandingkan bank syariah dengan bank konvensional. Dalam hal ini pengusaha batik yang menjadi nasabah di bank syariah dan bank konvensional. Beberapa faktor yang diteliti dalam penelitian ini adalah faktor pelayanan, promosi, kompensasi, religius stimuli, reputasi, dan jaringan. Dari enam faktor yang peneliti uji dengan melibatkan 57 sempel dari 226 populasi, dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji penyimpangan asumsi klasik, uji analisis regresi berganda (uji t, uji F, dan koefisien determinasi) dengan bantuan SPSS 16 for windows. Hasil perhitungan untuk bank syariah, dimana diketahui uji t bahwa variabelvariabel tersebut secara sendiri-sendiri tidak semuanya mempunyai pengaruh terhadap kepuasan nasabah pengusaha batik di Pekalongan, tingkat pengaruhnya berbeda-beda yaitu dari pengaruh yang paling tinggi sampai pengaruh paling rendah. Uji F menunjukkan bahwa secara keseluruhan ke enam faktor tersebut bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap kepuasan nasabah pengusaha batik di Pekalongan. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa ke enam variabel tersebut secara keseluruhan mempunyai pengaruh sebesar 41,8%, sisanya 58,2% dipengaruhi oleh faktor lain di luar faktor-faktor yang telah disebutkan oleh peneliti. Faktor pelayan-lah yang memberikan kontribusi paling besar yaitu dengan nilai beta sebesar 0.291, hasil ini dimungkinkan karena rata-rata pelayanan yang diberikan oleh bank syariah kepada nasabah pengusaha batik di Pekalongan cukup tinggi. Hasil perhitungan untuk bank konvensional, dimana diketahui uji t bahwa variabel-variabel tersebut secara sendiri-sendiri tidak semuanya mempunyai pengaruh terhadap kepuasan nasabah pengusaha batik di Pekalongan, tingkat pengaruhnya berbedabeda yaitu dari pengaruh yang paling tinggi sampai pengaruh paling rendah. Uji F menunjukkan bahwa secara keseluruhan ke enam faktor tersebut bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap kepuasan nasabah pengusaha batik di Pekalongan. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa ke enam variabel tersebut secara keseluruhan mempunyai pengaruh sebesar 47%, sisanya 53% dipengaruhi oleh faktor lain di luar faktor-faktor yang telah disebutkan oleh peneliti. Faktor jaringan-lah yang memberikan kontribusi paling besar yaitu dengan nilai beta sebesar 0.280, hasil ini dimungkinkan karena rata-rata jaringan yang dimiliki oleh bank konvensional cukup banyak. date: 2015-04-27 date_type: published pages: 193 institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: PROGRAM PASCASARJANA thesis_type: masters thesis_name: other citation: MUHAMMAD KHOIRUL FIKRI, NIM: 1320310007 (2015) PENGARUH BANK SYARIAH TERHADAP KEPUASAN NASABAH PENGUSAHA BATIK DI PEKALONGAN (Perbandingan Bank Syariah dengan Bank Konvensional). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17383/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17383/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf