<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "RELEVANSI TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA\r\nTERHADAP ETIKA BISNIS SYARI’AH\r\n(Studi Analisis Pasal 19 Undang-Undang No. 8 Tahun 1999\r\nTentang Perlindungan Konsumen)"^^ . "Era globalisasi membawa pelaku bisnis untuk tidak memperhatikan lagi\r\ntanggung jawabnya sebagai pelaku usaha dan etika berbisnis, padahal setiap\r\npelaku usaha harus bertanggungjawab atas produk yang dihasilkan atau\r\ndiperdagangkan. Mengingat lemahnya kedudukan konsumen pada umumnya\r\ndibandingkan dengan kedudukan produsen yang relatif lebih kuat dalam banyak\r\nhal, maka pembahasan perlindungan konsumen akan selalu terasa penting untuk\r\ndikaji ulang. Hal ini yang melatarbelakangi penulis mengangkat tema Relevansi\r\nTanggung Jawab Pelaku Usaha Terhadap Etika Bisnis Syari’ah (Studi Analisis\r\nPasal 19 Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen).\r\nMelihat realita yang ada maka penulis memfokuskan tentang bagaimana ruang\r\nlingkup tanggung jawab pelaku usaha relevansinya dengan etika bisnis syari’ah\r\nmelalui analisis Pasal 19 Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 Tentang\r\nPerlindungan Konsumen dan bagaimana pandangan Islam mengenai konsep\r\ntanggung jawab pelaku usaha sebagai bentuk perlindungan konsumen.\r\nDalam penelitian ini, penulis mencoba mengkaji dengan menggunakan\r\nlibrary research (penelitian kepustakaan). Sumber data diambil dari sumber\r\nprimer maupun sekunder. Sumber primer berupa Undang-Undang No. 8 Tahun\r\n1999 tentang Perlindungan Konsumen. Sedangkan Sumber data sekunder diambil\r\ndari buku-buku maupun kitab-kitab yang terkait dengan pembahasan tesis ini,\r\ntermasuk juga di dalam artikel-artikel, jurnal, makalah, koran maupun internet.\r\nPendekatan yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah pendekatan\r\nyuridis-normatif.\r\nBerdasarkan analisa yang dilakukan penulis, ruang lingkup tanggung\r\njawab pelaku usaha meliputi tanggung jawab produsen dalam menjaga kualitas\r\nproduk dengan membatasi resiko kerugian yang diderita konsumen seminimal\r\nmungkin dan sangat relevan dengan etika bisnis syari’ah dikarenakan salah satu\r\ntitik fokus dari sifat nabi dan lima aksioma yang dikemukakan oleh Al-Qur’an\r\nsebagai nilai-nilai etika bisnis syari’ah adalah mengenai Tanggung Jawab akan\r\nkerugian. Selanjutnya pandangan Islam mengenai konsep tanggung jawab pelaku\r\nusaha sebagai perlindungan konsumen sejalan dengan hukum Positif yang ada di\r\nIndonesia, yakni bertujuan untuk melindungi pihak-pihak yang lemah agar tidak\r\nada yang merasa dirugikan.\r\nKata Kunci: Tanggung Jawab Pelaku Usaha, Etika Bisnis Syari’ah"^^ . "2015-03-11" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "PROGRAM PASCASARJANA, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM: 1320311071"^^ . "M. TAUFIQ"^^ . "NIM: 1320311071 M. TAUFIQ"^^ . . . . . . "RELEVANSI TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA\r\nTERHADAP ETIKA BISNIS SYARI’AH\r\n(Studi Analisis Pasal 19 Undang-Undang No. 8 Tahun 1999\r\nTentang Perlindungan Konsumen) (Text)"^^ . . . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "RELEVANSI TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA\r\nTERHADAP ETIKA BISNIS SYARI’AH\r\n(Studi Analisis Pasal 19 Undang-Undang No. 8 Tahun 1999\r\nTentang Perlindungan Konsumen) (Text)"^^ . . . . . "RELEVANSI TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA\r\nTERHADAP ETIKA BISNIS SYARI’AH\r\n(Studi Analisis Pasal 19 Undang-Undang No. 8 Tahun 1999\r\nTentang Perlindungan Konsumen) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "RELEVANSI TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA\r\nTERHADAP ETIKA BISNIS SYARI’AH\r\n(Studi Analisis Pasal 19 Undang-Undang No. 8 Tahun 1999\r\nTentang Perlindungan Konsumen) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "RELEVANSI TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA\r\nTERHADAP ETIKA BISNIS SYARI’AH\r\n(Studi Analisis Pasal 19 Undang-Undang No. 8 Tahun 1999\r\nTentang Perlindungan Konsumen) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "RELEVANSI TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA\r\nTERHADAP ETIKA BISNIS SYARI’AH\r\n(Studi Analisis Pasal 19 Undang-Undang No. 8 Tahun 1999\r\nTentang Perlindungan Konsumen) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "RELEVANSI TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA\r\nTERHADAP ETIKA BISNIS SYARI’AH\r\n(Studi Analisis Pasal 19 Undang-Undang No. 8 Tahun 1999\r\nTentang Perlindungan Konsumen) (Other)"^^ . . . . . . "RELEVANSI TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA\r\nTERHADAP ETIKA BISNIS SYARI’AH\r\n(Studi Analisis Pasal 19 Undang-Undang No. 8 Tahun 1999\r\nTentang Perlindungan Konsumen) (Other)"^^ . . . . . . "RELEVANSI TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA\r\nTERHADAP ETIKA BISNIS SYARI’AH\r\n(Studi Analisis Pasal 19 Undang-Undang No. 8 Tahun 1999\r\nTentang Perlindungan Konsumen) (Other)"^^ . . . . . . "RELEVANSI TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA\r\nTERHADAP ETIKA BISNIS SYARI’AH\r\n(Studi Analisis Pasal 19 Undang-Undang No. 8 Tahun 1999\r\nTentang Perlindungan Konsumen) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #17429 \n\nRELEVANSI TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA \nTERHADAP ETIKA BISNIS SYARI’AH \n(Studi Analisis Pasal 19 Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 \nTentang Perlindungan Konsumen)\n\n" . "text/html" . . . "Hukum Islam"@id . .