eprintid: 17437 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/01/74/37 datestamp: 2015-10-12 00:34:51 lastmod: 2015-10-12 00:34:51 status_changed: 2015-10-12 00:34:51 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: CIHWANUL KIROM, NIM :1320312072 title: STRATEGI BAURAN PEMASARAN PADA UNIT GABUNGAN TERPADU BAITUL MÂL WA TAMWIL (BMT UGT) SIDOGIRI ispublished: pub subjects: hukum divisions: pps_hi full_text_status: restricted keywords: Strategi, Pemasaran, Bauran Pemasaran (produk, harga, distribusi dan promosi) dan syariah. note: Dr. Bachruddin, M.Si. abstract: Dalam dunia bisnis, pemasaran adalah salah satu aspek penting dalam kesuksesan suatu perusahaan. Butuh sebuah terobosan-terobosan dan strategi pemasaran. Syariah marketing adalah sebuah disiplin bisnis strategis yang mengarahkan proses penciptaan, penawaran, dan perubahan value dari satu inisiator kepada stakeholder-nya, yang dalam keseluruhan prosesnya sesuai dengan akad dan prinsip-prinsip muamalah (bisnis) dalam Islam. Kegiatan pemasaran sangat menentukan sampai atau tidaknya produk yang dihasilkan perusahaan kepada konsumen. Untuk mendapatkan pemasaran yang sesuai dengan harapan harus mengikuti proses pemasaran yang meliputi pengenalan pasar, strategi pemasaran, bauran pemasaran dan evaluasi. Bauran pemasaran (marketing mix) adalah satu perangkat yang terdiri dari produk, harga, promosi dan distribusi, yang di dalamnya akan menentukan tingkat keberhasilan pemasaran dan semua itu ditujukan untuk mendapatkan respon yang diinginkan dari pasar sasaran. BMT UGT Sidogiri adalah salah satu lembaga keuangan mikro syariah yang berkembang dengan pesat. Pada usia 14 tahun telah memiliki asset sebanyak 1,5 trilyun. Dari pemaparan di atas penulis tertarik untuk meneliti strategi bauran pemasaran pada BMT UGT Sidogiri dan faktor apa saja yang mempengaruhinya. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (Field Research). Penelitian dilakukan pada Unit Gabungan Terpadu BMT UGT Sidogiri Pasuruan. Sifat penelitian ini adalah deskriptif yaitu dengan menggambarkan karakteristik dari suatu variabel yaitu bauran pemasaran pada BMT UGT Sidogiri. Penelitian ini bertujuan menjelaskan tentang faktor yang signifikan dalam strategi bauran pemasaran pada 4P (produk, price,place, promotion) yang digunakan dalam BMT UGT Sidogiri, sehingga perkembangan BMT UGT Sidogiri sangat signifikan dan berkembang dengan pesat dan faktor apa saja yang mempengaruhinya. Hasil penelitian strategi bauran pemasaran yang digunakan pada BMT UGT Sidogiri sangat mengena dan sesuai dengan keinginan nasabah/konsumen baik dari strategi produk, strategi harga, strategi distribusi dan strategi promosi. BMT UGT Sidogiri memaksimalkan keempat bauran pemasaran dengan baik. Faktor lainya adalah ditunjang dengan kepatuhan syariah pada BMT UGT Sidogiri sehingga BMT UGT Sidogiri selama 14 tahun berkembang secara pesat dan signifikan. Dari analisa penelitian dapat disimpulkan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan BMT UGT Sidogiri adalah: strategi bauran pemasaran yang tepat dan sesuai dengan syariah marketing, kepatuhan pada etika bisnis Islam dan faktor sharia loyalist. Kata Kunci: Strategi, Pemasaran, Bauran Pemasaran (produk, harga, distribusi dan promosi) dan syariah. date: 2015-05-12 date_type: published pages: 150 institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: PROGRAM PASCASARJANA thesis_type: masters thesis_name: other citation: CIHWANUL KIROM, NIM :1320312072 (2015) STRATEGI BAURAN PEMASARAN PADA UNIT GABUNGAN TERPADU BAITUL MÂL WA TAMWIL (BMT UGT) SIDOGIRI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17437/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17437/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf