%A NIM. 1220410258 HAFIDUDIN BADRUN ZAMAN . %O Prof. Dr. H. Sutrisno, M.Ag. %T STRATEGI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS BAGI PARA JAMAAH MASJID JOGOKARYAN YOGYAKARTA %X Khafiduddin Badrun Zaman, 2015 “STRATEGI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS BAGI PARA JAMAAH MASJID JOGOKARYAN YOGYAKARTA. Tesis, Program Studi Pendidikan Islam, Program Pascasarjana, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Pembimbing: Dr......................... Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana strategi pendidikan Islam di Masjid Jogokariyan Yogyakarta? (2) Bagaimana keberhasilan strategi pendidikan Islam dalam meningkatkan religiusitas jama’ah Masjid Jogokariyan Yogyakarta? (3) Apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat upaya peningkatan religiusitas jama’ah Masjid Jogokariyan Yogyakarta? Adapun Tujuan Penelitian ini adalah (1) Melakukan kegiatan dalam rangka mengetahui strategi pendidikan Islam kepada jama’ah di Masjid Jogokariyan Yogyakarta, (2) Untuk mengetahui keberhasilan strategi pendidikan Islam dalam meningkatkan religiusitas jama’ah di Masjid Jogokariyan Yogyakarta. (3) Menganalisis faktorfaktor pendukung dan penghambat upaya peningkatan religiusitas jama’ah di Masjid Jogokariyan Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan naturalistik yang dilakukan secara langsung di tempat penelitian. Objek penelitiannya adalah jamaah dan Takmir masjid Jogokariyan. Proses pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Proses analisis data meliputi tabulasi dan klasifikasi data, reduksi data, interpretasi data, dan kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pertama, Stategi Pendidikan islam yang digunakan dalam meningkatkan religiusitas jamaah masjid Jogokariyan antara lain; memberikan pendidikan islam secara berkelanjutan mulai usia dini hingga lanjut usia, mengemas acara yang menarik dan tidak membosankan, merangkul semua organisasi masyarakat, memberikan pelayanan terhadap segala kebutuhan jamaah, mengundang pembicara yang benar-benar kompeten di bidangnya, dan menggunakan media MJ TV dan buletin. Kedua, Adapun keberhasilan strategi pendidikan islam dalam meningkatkan religiusitas jamaah dapat dilihat dari keaktifan jamaah baik ketika mengikuti kegiatan ubudiayah yang bersifat harian seperti jamaah sholat lima waktu dan tadarus rutin ibu-ibu setelah maghrib, dan juga kegiatan ubudiyah yang bersifat insidental seperti buka bersama ramadhan dan puasa arafah, jamaah sholat taraweh, dan kajian-kajian yang diadakan oleh biro-biro pendidikan. Ketiga, Keberhasilan tersebut tidak lepas dari faktor pendukung yang berasal dari masyarakat Jogokariyan seperti tingginya motivasi masyarakat untuk memperdalam wawasan keislaman, Kepercayaan warga kepada takmir cukup tinggi, pola hidup masyarakat Jogokariyan yang longgar di malam hari, dan rasa memiliki masjid sebagai bagian dari kehidupan masyarakat Jogokariyan. Keempat, Sementara untuk faktor penghalang sebenarnya tidaklah banyak seperti heterogenitas jamaah yang memiliki banyak aliran dan tingginya tingkat pendidikan warga sehingga setiap acara kajian butuh pemateri-pemateri yang berkompeten dalam bidangnya. %K Kata Kunci : Strategi Pendidikan Islam, Religuisitas, Jamaah Masjid. %D 2015 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib17447