@mastersthesis{digilib17459, month = {May}, title = {PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASANSPIRITUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH KECAMATAN SURALAGA KABUPATEN LOMBOK TIMUR}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 1320410001 MUH ZULKIFLI, S.PD.I}, year = {2015}, note = {Dr. Abdul Munip, M.Ag.}, keywords = {kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan prestasi belajar aqidah akhlak}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17459/}, abstract = {Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan gambaran kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan prestasi belajar siswa kelas XI Madrasah Aliyah di Kecamatan Suralaga Kabupaten Lombok Timur pada mata pelajaran Aqidah Akhlak, menjelaskan pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar Aqidah Akhlak, menjelaskan pengaruh kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar Aqidah Akhlak, dan menjelaskan pengaruh secara langsung maupaun tidak langsung antara kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar Aqidah Akhlak siswa kelas XI Madrasah Aliyah di Kecamatan Suralaga Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan berjenis exspost facto. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket yang terdiri dari variabel kecerdasan emosional dan variabel kecerdasan spiritual. Sedangkan data mengenai variabel prestasi belajar Aqidah Akhlak didapat dari hasil nilai ujian semester Ganjil siswa. Sementara untuk uji hipotesis digunakan teknik analisis Regresi Ganda. Hasil analisis data membuktikan bahwa (1) Kecerdasan emosional secara langsung berpengaruh signifikan secara positif terhadap nilai rapor mata pelajaran Aqidah Akhlak sebesar 0,551 dan nilai rapor mata pelajaran Aqidah Akhlak dipengaruhi oleh faktor kecerdasan emosional sebesar 61,2\%. (2) Kecerdasan spiritual secara langsung berpengaruh signifikan secara positif terhadap nilai mata pelajaran Aqidah Akhlak sebesar 0,402 dan nilai rapor mata pelajaran Aqidah Akhlak dipengaruhi oleh faktor kecerdasan spiritual sebesar 67,1\%. (3) kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual berpengaruh terhadap prestasi belajar Aqidah Akhlak sebesar 79,8\%. Dengan kata lain, prestasi belajar Aqidah Akhlak siswa dipengaruhi oleh faktor kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual sebesar 79,8\%. Sedangkan sisanya 20,2\% dijelaskan oleh variabel lain selain kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritutal.} }