<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PEMBELAJARAN KEMAHIRAN MEMBACA\r\nDI SMP ISLAM TERPADU (SMP IT) ABU BAKAR\r\nYOGYAKARTA 2014/ 2015\r\n(PRESPEKTIF TEORI KONSTRUKTIVISME SOSIAL VYGOTSKY)"^^ . "DANIN BILLAH, Pembelajaran Kemahiran Membaca Di SMP Islam\r\nTerpadu (SMP IT) Abu Bakar Yogyakarta 2014/2015 (Prespektif Teori\r\nKonstruktivisme Sosial Vygotsky). TESIS. PascaSarjana, Universitas Islam Negeri\r\nSunan Kalijaga Yogyakarta. 2015. Tema ini penulis pilih karena kebutuhan pendidikan\r\nyang berorientasi pada pembelajaran bahasa khusunya yang fokus pada keterampilan\r\nbahasa.\r\nMembaca sebagai salah satu keterampilan bahasa Arab dijadikan tujuan\r\nutama dalam pembelajaran bahasa Arab di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta tentu ada\r\nbeberapa alasan yang melatarbelakanginya. Sehingga tujuan penelitian ini adalah\r\nmendeskripsikan alasan kemahiran membaca dijadikan tujuan utama dalam\r\npembelajaran bahasa Arab disana, yang kemudian dilihat dari prespektif\r\nkonstruktivisme sosial Vygotsky di mana peran aktif siswa dan interaksi dengan\r\nlingkungan lebih diutamakan dalam proses pembelajaran di kelas.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) berupa\r\npenelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan desain penelitian\r\nstudi kasus pada proses pembelajaran bahasa Arab kelas VII dan VIII di SMP IT Abu\r\nBakar Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara,\r\nobservasi, dokumentasi, dan triangulasi. Setelah data terkumpul dilakukan analisis data\r\nkemudian disimpulkan sebagai hasil dari penelitian ini.\r\nHasil penelitian menunjukan tiga alasan kemahiran membaca menjadi tujuan\r\nutama pada pembelajaran bahasa Arab di sana. Pertama, yaitu faktor orientasi\r\nreligious, dalam hal ini kemahiran membaca untuk tujuan memahami dan mempelajari\r\nsumber ajaran Islam yaitu al-Quran dan al-ḥadiṡ , dan juga untuk bacaan dalam praktek\r\nibadah dalam keseharian. Kedua, orientasi akademik, berdasarkan asumsi bahwa\r\nketerampilan membaca dapat menunjang dan menjadi fakor pendukung kemampuan\r\nakademik siswa dalam memahami materi yang ada kaitanyan dengan teks berbahasa\r\nArab. Siswa yang pandai membaca teks Arab relatif mudah memahami pelajaran,\r\nbahkan di program tahfidz siswa relatif bisa lebih mudah menghafal al-Quran jika\r\npaham apa yang dibacanya. Ketiga, lebih ke faktor teknis karena ketersediaan waktu\r\ndan pengajar sehingga memungkinkan lebih efektif fokus pada salah satu\r\nketerampilan, dan juga karena ada dua program yang berbeda antara boarding dan\r\nfullday. Sedangkan pembelajaran kemahiran membaca dalam prespektif\r\nkonstruktivisme sosial Vygotsky ada beberapa yang sesuai di antaranya di kelas VII\r\nguru menggunakan model assisted learning, diawali dengan bimbingan/ batuan\r\n(scaffolding) berupa pemberian kosakata melalui media powerpiont. Pada proses inti\r\npembelajaran guru menggunakan strategi kooperatif yang melibatkan peran aktif\r\nsiswa, strategi kooperatif ini yang tidak lain adalah bagian dari teori konstruktivisme\r\nyang mencakup aspek interaksi sosial dan pemagangan kognitif antar siswa ketika\r\nbelajar dalam kelompok belajar. Sedang pada kelas VIII guru menggunakan model\r\ndiscoveri learning dengan strategi diskusi siswa bisa belajar dari teman yang lain\r\n(pemagangan kognitif) untuk memahami teks bacaan. Adapun teknik yang digunakan\r\nguru kelas VIII dalam pembelajaran kosakata dengan menggunakan teknik modeling\r\ndengan meperagakan kata yang dimaksud."^^ . "2015-05-20" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PROGRAM PASCASARJANA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1320410075"^^ . "DANIN BILLAH"^^ . "NIM. 1320410075 DANIN BILLAH"^^ . . . . . . "PEMBELAJARAN KEMAHIRAN MEMBACA\r\nDI SMP ISLAM TERPADU (SMP IT) ABU BAKAR\r\nYOGYAKARTA 2014/ 2015\r\n(PRESPEKTIF TEORI KONSTRUKTIVISME SOSIAL VYGOTSKY) (Text)"^^ . . . "PEMBELAJARAN KEMAHIRAN MEMBACA\r\nDI SMP ISLAM TERPADU (SMP IT) ABU BAKAR\r\nYOGYAKARTA 2014/ 2015\r\n(PRESPEKTIF TEORI KONSTRUKTIVISME SOSIAL VYGOTSKY) (Text)"^^ . . . "1320410075_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf"^^ . . . "PEMBELAJARAN KEMAHIRAN MEMBACA\r\nDI SMP ISLAM TERPADU (SMP IT) ABU BAKAR\r\nYOGYAKARTA 2014/ 2015\r\n(PRESPEKTIF TEORI KONSTRUKTIVISME SOSIAL VYGOTSKY) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PEMBELAJARAN KEMAHIRAN MEMBACA\r\nDI SMP ISLAM TERPADU (SMP IT) ABU BAKAR\r\nYOGYAKARTA 2014/ 2015\r\n(PRESPEKTIF TEORI KONSTRUKTIVISME SOSIAL VYGOTSKY) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PEMBELAJARAN KEMAHIRAN MEMBACA\r\nDI SMP ISLAM TERPADU (SMP IT) ABU BAKAR\r\nYOGYAKARTA 2014/ 2015\r\n(PRESPEKTIF TEORI KONSTRUKTIVISME SOSIAL VYGOTSKY) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PEMBELAJARAN KEMAHIRAN MEMBACA\r\nDI SMP ISLAM TERPADU (SMP IT) ABU BAKAR\r\nYOGYAKARTA 2014/ 2015\r\n(PRESPEKTIF TEORI KONSTRUKTIVISME SOSIAL VYGOTSKY) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PEMBELAJARAN KEMAHIRAN MEMBACA\r\nDI SMP ISLAM TERPADU (SMP IT) ABU BAKAR\r\nYOGYAKARTA 2014/ 2015\r\n(PRESPEKTIF TEORI KONSTRUKTIVISME SOSIAL VYGOTSKY) (Other)"^^ . . . . . . "PEMBELAJARAN KEMAHIRAN MEMBACA\r\nDI SMP ISLAM TERPADU (SMP IT) ABU BAKAR\r\nYOGYAKARTA 2014/ 2015\r\n(PRESPEKTIF TEORI KONSTRUKTIVISME SOSIAL VYGOTSKY) (Other)"^^ . . . . . . "PEMBELAJARAN KEMAHIRAN MEMBACA\r\nDI SMP ISLAM TERPADU (SMP IT) ABU BAKAR\r\nYOGYAKARTA 2014/ 2015\r\n(PRESPEKTIF TEORI KONSTRUKTIVISME SOSIAL VYGOTSKY) (Other)"^^ . . . . . . "PEMBELAJARAN KEMAHIRAN MEMBACA\r\nDI SMP ISLAM TERPADU (SMP IT) ABU BAKAR\r\nYOGYAKARTA 2014/ 2015\r\n(PRESPEKTIF TEORI KONSTRUKTIVISME SOSIAL VYGOTSKY) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #17493 \n\nPEMBELAJARAN KEMAHIRAN MEMBACA \nDI SMP ISLAM TERPADU (SMP IT) ABU BAKAR \nYOGYAKARTA 2014/ 2015 \n(PRESPEKTIF TEORI KONSTRUKTIVISME SOSIAL VYGOTSKY)\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .