TY - THES N1 - Dr. H. Hamdan Daulay, M.A., M.Si ID - digilib17494 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17494/ A1 - TAUFIK RIZKI SISTA, SPDI, NIM. 1320412184 Y1 - 2015/05/20/ N2 - Taufik Rizki Sista, S.Pd.I.. Implentasi Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMK Migas Cepu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model manajemen kurkulum di SMK Migas Cepu. Untuk mengetahui proses peningkatan mutu pendidikan di SMK Migas. Untuk mengetahui apa saya yang menjadi factor pendukung dan penghambat proses manajemen kurikulum dan peningkatan mutu. Serta untuk mengetahui peranan manajemen kurikulum dalam peningkatan mutu pendidikan di SMK Migas Cepu. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan partisipatif, observasi lapangan, wawancara mendalam dan dokumentasi yang berkaitan tentang pokok bahasan berupa buku, dokumentasi sekolah, dan berbagai sumber terkait. Hasil penelitian ini adalah: (1) SMK Migas mendapat surat penunjukan pemerintah sebagai pelaksana kurikulum 2013, jadi pada saaat ini SMK Migas masih menggunakan dua kurikulum yaitu KTSP dan kurikulum 2013. (2) Perncanaan, pengembanga, pelaksanaan, dan evaluasi kuirkulum di SMK Migas dilakukan secara komprehensif sesuai dengan tuntunan kuirkulum 2013. Meski terdapat beberapa kendala yang masih dapat ditangani. (3) SMK Migas sangat mengedepankan meningkatan mutu sekolah. Hal ini dibuktikan dengan presensi target lulusan UN yang mencapai 100% selama empat tahun terakhir. (4) Kurikulum SMK Migas memegang andil 90% terhadap pengembangan mutu sekolah. Hal ini dibuktikan dengan melaksanakan berbagai inovasi dalam perubahan model pembelajaran di sekolah. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Kata kunci: Manajemen Kurikulum KW - Mutu Pendidikan KW - SMK Migas M1 - masters TI - IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMK MIGAS CEPU AV - restricted ER -