<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "UPAYA INOVATIF GURU MTS DALAM MENYAJIKAN MATERI DAN PENGELOLAAN KELAS PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (STUDI KASUS MTS MIFTAHUL ULUM DAN MTS YATPI KECAMATAN GODONG)"^^ . "Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk melakukan inovasi dalam pembelajaran bahasa Arab, akan tetapi dalam implementasinya belumlah maksimal. Sehingga guru bahasa Arab masih menggunakan model konvensional dalam pembelajaran di kelas. Di MTs YATPI dan MTs Miftahul Ulum model\r\nkonvensional sudah tidak digunakan akan tetapi pembelajaran siswa aktif sudah\r\nmulai diimplementasikan dengan model pembelajaran kontekstual sebagai bentuk\r\nupaya inovatif guru. Selain itu, guru juga memperhatikan aspek pengelolaan kelas\r\nberupa melakukan variasi dalam pembelajaran di kelas. Apabila aspek\r\npengelolaan kelas diabaikan maka dampak yang dihasilkan bahwa bahasa Arab\r\nmenjadi salah satu mata pelajaran yang paling ditakuti dan dihindari peserta didik disekolah.\r\nPembelajaran inovatif sendiri memiliki pengertian bahwa pembelajaran yang dikemas oleh guru yang merupakan wujud gagasan atau ide yang dipandang baru agar memperoleh kemajuan belajar bahasa. Upaya inovatif dalam aktivitas belajar-mengajar terdapat pada aspek penyajian materi dan pengelolaan kelas.\r\nTerkait pembelajaran maka penyajian materi mempunyai pengertian sebagai ketrampilan dalam menyatakan atau menjelaskan materi secara sempurna.\r\nTahapan penyajian materi menurut Bruner dalam pembelajaran berupa penyajian enactive, iconic dan symbolic. Pengelolaan kelas, merupakan ketrampilan untuk menciptakan iklim pembelajaran yang kondusif dan mampu menumbuhkan kreativitas peserta didik. Selain menciptakan iklim belajar yang kondusif, terdapat komponen lain yaitu meminimalisir gangguan yang akan terjadi dengan hukuman.\r\nPada penelitian ini, metode penelitian yang digunakan berupa metode\r\npenelitian dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah\r\ndengan wawancara, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Data yang\r\ndikumpulkan dianalisis secara diskriptif-analitik dan komparatif agar data dapat\r\ndipahami secara komprehensif. Pada prosesnya data yang dikumpulkan langsung\r\ndianalisis seketika dengan objeknya berupa upaya guru dalam pembelajaran.\r\nHasil dari penelitian ini menunjukan bahwa upaya yang dilakukan dalam\r\nmenyajikan materi bahasa Arab MTs YATPI dan MTs Miftahul Ulum\r\ndimaksudkan agar peserta didik dapat belajar secara aktif dan mampu secara\r\nmandiri dan esensi atas apa yang dipelajari bukan sebagai sebuah keterpaksaan\r\ndan beban. Penyajian materi yang kontektual dimaksudkan agar memudahkan\r\npeserta didik memahami materi yang diajarkan. Pada pengelolaan kelas belajar\r\nyang meliputi ketrampilan pemeliharaan iklim pembelajaran dan pengendalian\r\nkondisi belajar, guru telah melaksanakan pembelajaran secara humanis dengan\r\nx\r\nmelihat aspek psikologis dan sosial peserta didik. Hal ini menjadi alasan perlunya\r\npengelolaan yang dilakukan agar peserta didik dapat belajar secara aktif dan\r\nkreatif. Dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs YATPI dan MTs Miftahul Ulum,\r\ndiketahui, tahap enaktif, berupa pemilihan materi yang melibatkan peserta didik,\r\nmateri kontekstual dimana anak mampu benda tersebut secara langsung,\r\npengembangan imajinasi peserta didik terkait orentasi belajar, pengenalan konsep\r\nbaru oleh peserta didik. Dalam pembelajaran, tahap ikonik merupakan pengaitan\r\npengalaman peserta didik yang dikembangkan kedalam bahasa kedua.\r\nSebagaimana materi العنوان ,الأسرة ,البیت , karakteristik tema tersebut sudah dikenali\r\ndalam bahasa kedua. Pada tahap simbolik, dimana para peserta didik sudah mampu\r\nmenggunakan logika, ketrampilan berpikir sangat teratur dan mampu\r\nmenggunakan sistem-sistem simbol dalam pernyataannya. ketika memberikan\r\npertanyaan yang langsung direspon peserta didik, guru mengucapkan صَبَاحُ الْ خَیْرِ\r\ndan peserta didik merespon dengan percaya diri dan menjawab.\r\nAspek pengelolaan kelas yang dilakukan guru meliputi pemeliharaan iklim\r\npembelajaran, interaksi guru dengan peserta didik dalam kelas, tindakan korektif\r\nguru atas perilaku negatif para peserta didik. Prakarsa dalam kegiatan kelas juga\r\nmerupakan bentuk pengelolaan kelas berupa pengelolaan kelompok besar yang\r\nmerupakan pengorganisasian kelas oleh guru dalam kegiatan belajar-mengajar\r\npada kelas klasikal dan pengelolaan kelompok kecil yang merupakan\r\npengorganisasian kelas mencangkup kegiatan kecil para peserta didik dalam kelas\r\nsecara individu/perseorangan maupun kelompok yang terdiri 2-5 orang setiap\r\nkelompok belajar. Pengeloaan kelompok kecil di MTs YATPI lebih bersifat\r\nindividu sedangkan di MTs Miftahul Ulum lebih dilakukan secara komunal. MTs\r\nYATPI, dalam melakukan pembelajaran di kelas tidak terbatas dengan ruang\r\nbelajar, hal ini yang menjadikan pengelolaan kelas lebih bersifat komunal, secara\r\nbersama-sama. MTs Miftahul Ulum lebih banyak pola variatif yang dilakukan\r\ndikarenakan minimnya fasilitas berupa ruang belajar."^^ . "2015-07-03" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PROGRAM PASCASARJANA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1320412161"^^ . "AHMAD SHOBIRIN"^^ . "NIM. 1320412161 AHMAD SHOBIRIN"^^ . . . . . . "UPAYA INOVATIF GURU MTS DALAM MENYAJIKAN MATERI DAN PENGELOLAAN KELAS PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (STUDI KASUS MTS MIFTAHUL ULUM DAN MTS YATPI KECAMATAN GODONG) (Text)"^^ . . . . . "BAB I, VI, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "UPAYA INOVATIF GURU MTS DALAM MENYAJIKAN MATERI DAN PENGELOLAAN KELAS PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (STUDI KASUS MTS MIFTAHUL ULUM DAN MTS YATPI KECAMATAN GODONG) (Text)"^^ . . . . . "UPAYA INOVATIF GURU MTS DALAM MENYAJIKAN MATERI DAN PENGELOLAAN KELAS PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (STUDI KASUS MTS MIFTAHUL ULUM DAN MTS YATPI KECAMATAN GODONG) (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA INOVATIF GURU MTS DALAM MENYAJIKAN MATERI DAN PENGELOLAAN KELAS PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (STUDI KASUS MTS MIFTAHUL ULUM DAN MTS YATPI KECAMATAN GODONG) (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA INOVATIF GURU MTS DALAM MENYAJIKAN MATERI DAN PENGELOLAAN KELAS PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (STUDI KASUS MTS MIFTAHUL ULUM DAN MTS YATPI KECAMATAN GODONG) (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA INOVATIF GURU MTS DALAM MENYAJIKAN MATERI DAN PENGELOLAAN KELAS PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (STUDI KASUS MTS MIFTAHUL ULUM DAN MTS YATPI KECAMATAN GODONG) (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA INOVATIF GURU MTS DALAM MENYAJIKAN MATERI DAN PENGELOLAAN KELAS PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (STUDI KASUS MTS MIFTAHUL ULUM DAN MTS YATPI KECAMATAN GODONG) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "UPAYA INOVATIF GURU MTS DALAM MENYAJIKAN MATERI DAN PENGELOLAAN KELAS PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (STUDI KASUS MTS MIFTAHUL ULUM DAN MTS YATPI KECAMATAN GODONG) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "UPAYA INOVATIF GURU MTS DALAM MENYAJIKAN MATERI DAN PENGELOLAAN KELAS PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (STUDI KASUS MTS MIFTAHUL ULUM DAN MTS YATPI KECAMATAN GODONG) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "UPAYA INOVATIF GURU MTS DALAM MENYAJIKAN MATERI DAN PENGELOLAAN KELAS PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (STUDI KASUS MTS MIFTAHUL ULUM DAN MTS YATPI KECAMATAN GODONG) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #17513 \n\nUPAYA INOVATIF GURU MTS DALAM MENYAJIKAN MATERI DAN PENGELOLAAN KELAS PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (STUDI KASUS MTS MIFTAHUL ULUM DAN MTS YATPI KECAMATAN GODONG)\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Islam (Pesantren)" . .