%0 Thesis
%9 Masters
%A MOHAMMAD JAKFAR, NIM. 1320412155
%B PROGRAM PASCASARJANA
%D 2015
%F digilib:17515
%I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
%K Inovasi,Pendidikan Agama Islam, dan Lembaga  Pendidikan Islam, Bersistem Boarding School
%P 186
%T INOVASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM BERSISTEM BOARDING SCHOOL DI SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA
%U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17515/
%X Menjawab berbagai kekhawatiran para orang tua tentang masa depan  anak-anak mereka, dibutuhkan adanya inovasi dalam dunia pendidikan khususnya  lembaga pendidikan Islam. Dan saat ini telah banyak bermunculan sistem  pendidikan unggulan yang menjadi fenomena menarik dalam dunia pendidikan di  Indonesia yakni munculnya sekolah-sekolah terpadu (mulai tingkat dasar hingga  menengah); dan penyelenggaraan sekolah bermutu yang sering disebut dengan  boarding school.  Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan  pendekatan fenomenologi dalam konteks sosiologis. Penelitian ini mengkaji  tentang pola perilaku peserta didik dan lingkungan sosial di asrama dan  sekolahnya. Misalnya di lingkungan sekolah baik itu di dalam kelas maupun di  luar kelas yang di dalamnya terjadi interaksi antara guru dengan peserta didik,  peserta didik dengan karyawan, peserta didik dengan peserta didik dan peserta  didik dengan lingkungan. Sehingga prinsip-prinsip dalam fenomenologi sosiologis  ini dapat dijadikan landasan berfikir dan bertindak dalam melakukan penelitian  ini. Subyek penelitiannya adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, guru  PAI dan siswa. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode  wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya  menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, triangulasi dan  penarikan kesimpulan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bentuk-bentuk  inovasi pendidikan agama Islam bersistem boarding school di SMP IT Abu  Bakar, untuk mengetahui penerapan inovasi pendidikan agama Islam bersistem  boarding school di SMP IT Abu Bakar, dan untuk mengetahui problematika  inovasi pendidikan agama Islam bersistem boarding terhadap sistem pembelajaran  di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta.  Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Bentuk-bentuk inovasi pendidikan  agama Islam di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta terbagi menjadi empat aspek.  Keempat aspek inovasi tersebut adalah Inovasi dalam aspek tujuan pendidikan,  inovasi dalam aspek materi atau konten kurikulum dan pengajaran, inovasi dalam  aspek pendidikan dan proses, dan inovasi pendidikan dalam aspek sarana dan  prasarana. Adapun Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di SMP IT Abu Bakar  Yogyakarta terdiri dari kegiatan intra pagi, intra sore dan dan intra malam. Dalam  melakukan inovasi pendidikan di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta terdapat  beberapa hal yang menjadi problem dalam melakukan inovasi pendidikan agama  Islam, diantaranya adalah lokasi dan gedung SMP IT AB bercampur dengan  masyarakat sekitar sehingga tidak maksimalnya pembina asrama dalam  mengontrol siswa yang melanggar disiplin, pembina asrama yang sering silih  berganti, tidak adanya pengkaderan pembina asrama, dan kurangnya pengamanan  di lingkungan SMP IT Abu Bakar Yogyakarta.
%Z Dr. Ahmad Arifi, M. A.,