%A NIM. 1320412155 MOHAMMAD JAKFAR
%O Dr. Ahmad Arifi, M. A.,
%T INOVASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM BERSISTEM BOARDING SCHOOL DI SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA
%X Menjawab berbagai kekhawatiran para orang tua tentang masa depan
anak-anak mereka, dibutuhkan adanya inovasi dalam dunia pendidikan khususnya
lembaga pendidikan Islam. Dan saat ini telah banyak bermunculan sistem
pendidikan unggulan yang menjadi fenomena menarik dalam dunia pendidikan di
Indonesia yakni munculnya sekolah-sekolah terpadu (mulai tingkat dasar hingga
menengah); dan penyelenggaraan sekolah bermutu yang sering disebut dengan
boarding school.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan
pendekatan fenomenologi dalam konteks sosiologis. Penelitian ini mengkaji
tentang pola perilaku peserta didik dan lingkungan sosial di asrama dan
sekolahnya. Misalnya di lingkungan sekolah baik itu di dalam kelas maupun di
luar kelas yang di dalamnya terjadi interaksi antara guru dengan peserta didik,
peserta didik dengan karyawan, peserta didik dengan peserta didik dan peserta
didik dengan lingkungan. Sehingga prinsip-prinsip dalam fenomenologi sosiologis
ini dapat dijadikan landasan berfikir dan bertindak dalam melakukan penelitian
ini. Subyek penelitiannya adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, guru
PAI dan siswa. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode
wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya
menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, triangulasi dan
penarikan kesimpulan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bentuk-bentuk
inovasi pendidikan agama Islam bersistem boarding school di SMP IT Abu
Bakar, untuk mengetahui penerapan inovasi pendidikan agama Islam bersistem
boarding school di SMP IT Abu Bakar, dan untuk mengetahui problematika
inovasi pendidikan agama Islam bersistem boarding terhadap sistem pembelajaran
di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Bentuk-bentuk inovasi pendidikan
agama Islam di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta terbagi menjadi empat aspek.
Keempat aspek inovasi tersebut adalah Inovasi dalam aspek tujuan pendidikan,
inovasi dalam aspek materi atau konten kurikulum dan pengajaran, inovasi dalam
aspek pendidikan dan proses, dan inovasi pendidikan dalam aspek sarana dan
prasarana. Adapun Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di SMP IT Abu Bakar
Yogyakarta terdiri dari kegiatan intra pagi, intra sore dan dan intra malam. Dalam
melakukan inovasi pendidikan di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta terdapat
beberapa hal yang menjadi problem dalam melakukan inovasi pendidikan agama
Islam, diantaranya adalah lokasi dan gedung SMP IT AB bercampur dengan
masyarakat sekitar sehingga tidak maksimalnya pembina asrama dalam
mengontrol siswa yang melanggar disiplin, pembina asrama yang sering silih
berganti, tidak adanya pengkaderan pembina asrama, dan kurangnya pengamanan
di lingkungan SMP IT Abu Bakar Yogyakarta.
%K Inovasi,Pendidikan Agama Islam, dan Lembaga
Pendidikan Islam, Bersistem Boarding School
%D 2015
%I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
%L digilib17515