eprintid: 17518 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/01/75/18 datestamp: 2015-10-21 01:13:52 lastmod: 2015-10-21 01:13:52 status_changed: 2015-10-21 01:13:52 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SEMIN, NIM. 1320411257 title: MANAJEMEN PENDIDIKAN BERBASIS BUDAYA PESANTREN DALAM PEMEMBENTUKAN KARAKTER MAHASISWA (STUDI ATAS MA’HAD AL-JAMIAH ULIL ABSHAR STAIN-PONOROGO) ispublished: pub subjects: pen_isl divisions: pps_pai full_text_status: restricted keywords: Manajemen pendidikan, Budaya pesantren, Pembentukan karakter note: Prof. Dr. H. Maragustam, MA. abstract: Penelitianinidilatarbelakangiurgensipendidikankarakter di Indonesia. Hal itudidasarkanpadapersoalandegradasi moral dankarakter yang sangatseriusyang dewasa ini bukanhanyamelanda anak-anak dan remaja yang mayoritas masih berstatus pelajar. Hal tersebut juga mulai merambah di pergururuan tinggi. Pergeserannilaikepribadian yang megarahpadaberbagaiperilaku amoral sudahdemikianjelasdannampakterjadiditengahtengahkehidupanbermasyarakat. Atasdasarkeadaandilapanganpemerintahtergerakuntu kmenatakembalipolapendidikan Indonesia denganmengahdirkan program pemdidikankarakter. Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanmanajemenpendidikanberbasisbud ayapesantrendalampembentukankaraktermahasiswa yang dilaksanakanolehMa’had Al-JamiahUlilAbshar STAIN Ponorogo. Maka, untuk mengungkap sisi-sisi permasalahan tersebut peneliti merumuskan masalah sebagai berikut; (1) implementasi manajemen pendidikan berbasis budaya pesantren dalam pemembentukan karakter mahasiswa, (2) apa saja nilai karakter tersebut yang di implementasikan di Ma’had Al-Jamiah Ulil Abshar STAIN Ponorogo, dan (3) faktor pendukung dan penghambat implementasi manajemen pendidikan berbasis budaya pesantren di Ma’had Al-Jamiah Ulil Abshar STAIN Ponorogo dalam pembentukan karakter mahasiswa.Penelitian ini didesain dalam bentuk penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di Ma’had Al-Jamiah Ulil Abshar STAIN Ponorogo. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview, dan dokumentasi. Sedang untuk menganalisis data, digunakan analisis model Miles dan Huberman, yaitu analisis model interaktif dengan langkah-langkah; pengumpulan data, data reduction, data display, dan data verification. Berdasarkanhasilpenelitiandapatdiketahuibahwa: (1) Dalam aplikasinya Ma’had Al-Jamiah Ulil Abshar STAIN Ponorogomenggunakan 4(empat) fungsi manajemenyaitumanajemenperencanaan, manajemenpengorganisasian, manajemenpelaksanaan, danmanajemenpengawasan. (2) Adapunnilai-nilaikarakter yang diimplementasikan di Ma’had Al-Jamiah Ulil Abshar STAIN Ponorogoyaitu: religius, kejujuran, kedisiplinan, tanggungjawab, toleransi, cintalingkungan, danmenghargaiprestasi. (3) Sedangkan faktor pendukung dan penghambat manajemen pendidikan berbasisbudaya pesantren dalam pembentukan karakter di Ma’had Al-Jamiah Ulil Abshar STAIN Ponorogo, berdasar analisis SWOT ditemukan faktor pendukungnya yaitu: a) lingkunganma’had yang kondusif, b) dukunganpengasuhMa’had Al-Jamiah Ulil Abshar STAIN Ponorogo, c) Ustad/ah yang professional, d) biaya yang terjangkau, e) komitmendankerjasamaantarapengelolaasramadan orang tuamahasantri, f) kerjasamaantarapengelolaMa’had Al-Jamiah Ulil Abshar STAIN Ponorogodenganwargasekitar. Sedangkan faktor penghambat meliputi: a) saranadanprasarana yang kurangmemadai, b) heterogenitasmahasantri, c) keterbatasanwaktupembimbing, d) kondisi internal pribadimahasantri, e) pengaruhbudayaluar yang tidaksejalandenganpendidikankarakter, dan f) media informasidanteknologi. date: 2015-06-29 date_type: published pages: 220 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: PROGRAM PASCASARJANA thesis_type: masters thesis_name: other citation: SEMIN, NIM. 1320411257 (2015) MANAJEMEN PENDIDIKAN BERBASIS BUDAYA PESANTREN DALAM PEMEMBENTUKAN KARAKTER MAHASISWA (STUDI ATAS MA’HAD AL-JAMIAH ULIL ABSHAR STAIN-PONOROGO). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17518/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17518/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf