relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17530/ title: MANAJEMEN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN TINGGI (STUDI BEBAN KERJA DOSEN “BKD” DI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI “STAIN” KEDIRI) creator: MOHAMAD SYAIFUDIN, NIM. 1320411231 subject: Pendidikan Agama Islam description: Mohamad Syaifudin, 1320411231, Manajemen Standar Nasional Pendidikan Tinggi (Studi Beban Kerja Dosen di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri “STAIN” Kediri). Dosen merupakan pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentrasformasikan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Dengan tugas-tugas tersebut dosen mempunyai peran penting dalam peningkatan mutu pendidikan di lingkungan pendidikan tinggi. Sehingga peningkatan mutu dosen seharusnya menjadi pusat perhatian dalam proses pengembangan pendidikan dalam perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara kritis tentang Implementasi Beban Kerja Dosen di STAIN Kediri dan dalam rangka mencari jawaban permasalahan tentang: (1) Bagaimana Implementasi Manajemen Standar Nasional Pendidikan Tinggi tentang Beban Kerja Dosen di STAIN Kediri. (2) Apa keberhasilan-keberhasilan yang dicapai dari BKD. (3) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi BKD di STAIN Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dan menggunakan pendekatan kualitatif, dengan objek penelitian di STAIN Kediri. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui wawancara, observasi, dan telaah dokumentasi, dan uji keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi BKD di STAIN Kediri merujuk pada fungsi manajemen yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan. Secara umum implementasi BKD di STAIN Kediri telah terlaksana sesuai dengan aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah tentang implementasi BKD. Keberhasilan-keberhasilan yang dicapai STAIN Kediri dalam pelaksanaan BKD adalah: (1) Pelaksanaan Tridharma perguruan tinggi. (2) Tercipta Manajemen yang baik dan efisien. (3) Peningkatan Kompetensi Dosen. (4) Peningkatan Kualitas Pembelajaran. (5) Peningkatan Atmosfir Akademik. (6) Perwujudan Tujuan Pendidikan. Faktor Pendukung dalam implementasi BKD di STAIN berasal dari: (1) Dukungan Pimpinan STAIN Kediri terhadap peningkatan mutu yang terorganisir dari lembaga-lembaga dan dosen-dosen. (2) Dukungan dari Pusat Penjaminan Mutu yang berdampak pada kelancaran dalam pelaksanaan suatu kegiatan peningkatan mutu di STAIN Kediri. (3) Dukungan dari Asesor dan Dosen yang komitmen dalam melaksanakan tugas keasesoran dan pelaporan BKD tepat pada waktunya. Faktor penghambat dalam Implementasi BKD di STAIN Kediri yaitu hambatan dari Asesor BKD dan Dosen Sertifikasi. Hambatan tersebut disebabkan karena kurang maksimalnya kegiatan penyamaan persepsi dan kurangnya pemahaman terhadap pelaksanaan dan evaluasi BKD, sehingga menyebabkan ketidak seragaman proses dan hasil penilaian BKD di STAIN Kediri. date: 2015-05-20 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17530/2/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17530/1/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.PDF identifier: MOHAMAD SYAIFUDIN, NIM. 1320411231 (2015) MANAJEMEN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN TINGGI (STUDI BEBAN KERJA DOSEN “BKD” DI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI “STAIN” KEDIRI). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.