eprintid: 17532 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/75/32 datestamp: 2015-10-05 02:20:08 lastmod: 2015-10-05 02:20:08 status_changed: 2015-10-05 02:20:08 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ZENI MEI PUSPITA, NIM. 1320411226 title: EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PUSAT PENGEMBANGAN BAHASA (P2B) UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2014/2015 ispublished: pub subjects: pba divisions: pps_pai full_text_status: restricted keywords: Kata kunci : Evaluasi Program, Pembelajaran, dan Bahasa Arab. note: Dr. H. Maksudin, M.Ag. abstract: Zeni Mei Puspita: Evaluasi Program Pembelajaran Bahasa Arab di Pusat Pengembangan Bahasa (P2B) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun Akademik 2014/2015, Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program pembelajaran bahasa Arab di Pusat Pengembangan Bahasa (P2B) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ditinjau dari desain program pembelajaran, kualitas program pembelajaran serta hasil yang dicapai selama proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluatif. Adapun subyek penelitian ini adalah seluruh stakeholders yang ada di P2B UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sedangkan objeknya adalah program pembelajaran bahasa Arab di P2B UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang mencakup kualitas dan hasil pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data bersifat deskriptif-kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain program pembelajaran bahasa Arab di Pusat Pengembangan Bahasa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta terdiri dari empat desain utama, yaitu: Desain tujuan pembelajaran bahasa Arab, desain materi pembelajaran bahasa Arab, desain metode Pembelajaran Bahasa Arab dan desain evaluasi pembelajaran bahasa Arab. Adapun kualitas program pembelajaran bahasa Arab di P2B UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dilihat dari total rata-rata dari lima aspek (kinerja dosen dalam kelas, fasilitas pembelajaran, iklim kelas, sikap mahasiswa dan motivasi mahasiswa) adalah 3,66 dengan kategori baik. Sedangkan hasil program pembelajaran menunjukkan bahwa dari 135 mahasiswa yang ada, yang memperoleh nilai antara 95-100/(A) sebanyak 6 mahasiswa (4,44%), nilai antara 90- 94,99/(A-) sebanyak 23 mahasiswa (17,04%), nilai antara 85-89,99/(A/B) sebanyak 29 mahasiswa (21,48%), nilai antara 80-84,99/(B+) sebanyak 30 mahasiswa (22,22%), nilai antara 75-79,99/(B) sebanyak 20 mahasiswa (14,81%), nilai antara 70-74,99/(B-) sebanyak 16 mahasiswa (11,85%), nilai antara 65-69,99/(B/C) sebanyak 6 mahasiswa (4,44%), nilai antara 60-64,99/(C+) sebanyak 2 mahasiswa (1,48%), nilai antara 55-59,99/(C) sebanyak 2 mahasiswa (1,48%), dan yang memperoleh nilai antara 35-39,99/(D) sebanyak 1 orang (0,74%). Sedangkan kendala-kendala dalam proses evaluasi program terbagi menjadi dua, yaitu: a. kendala dari eksternal peneliti, diantaranya: pelayanan pihak lembaga Pusat Pengembangan Bahasa yang kurang memuaskan, terbatasnya waktu yang diberikan oleh pihak Pusat Pengembangan Bahasa untuk terjun ke kelas, serta keterbatasan pengetahuan dosen dalam hal evaluasi program pembelajaran. b. Kendala dari internal peneliti, diantaranya: keterbatasan pengetahuan peneliti dalam evaluasi program pembelajaran, keterbatasan kemampuan peneliti dalam hal mendesain evaluasi program pembelajaran bahasa Arab serta ketidakmampuan peneliti dalam memaksimalkan waktu penelitian program pembelajaran bahasa Arab. date: 2015-05-20 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: PROGRAM PASCASARJANA thesis_type: masters thesis_name: other citation: ZENI MEI PUSPITA, NIM. 1320411226 (2015) EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PUSAT PENGEMBANGAN BAHASA (P2B) UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2014/2015. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17532/2/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17532/1/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf