TY - THES N1 - Dr. Sangkot Sirait, M.A. ID - digilib17534 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17534/ A1 - SYAFI?UR RAHMAN, NIM. 1320411224 Y1 - 2015/05/20/ N2 - Syafi?ur Rahman. Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Madrasah Dalam Meningkatkan Kompetensi Lulusan (Studi Analisis di MAN 3 Kota Cirebon). Tesis. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Islam. Konsentrasi Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam. Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2015. Penelitian ini mengenai isu pemasaran pendidikan yang relatif diabaikan oleh pada lingkup lembaga madrasah yang mana di era sekarang ini kompetisi antar sekolah semakin ketat. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya upaya kreatif penyelenggara pendidikan untuk menggali keunikan dan keunggulan sekolahnya agar dibutuhkan dan diminati oleh pelanggan jasa pendidikan. Munculnya sekolah unggulan dengan berbagai tawaran model pembelajaran seperti Islam terpadu, Full day school, hingga sekolah-sekolah unggulan dengan kurikulum bertaraf internasional serta lahirnya sekolah negeri dan swasta yang menawarkan keunggulan fasilitas, bahkan dengan biaya yang terjangkau dapat menambah maraknya kompetisi pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif, dengan pendekatan ilmu strategi pemasaran pendidikan. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder, dengan perolehan data melalui mekanisme wawancara, observasi dan dokumentasi data, serta rangkaian data di analisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Kemudian untuk memperdalam hasil penelitian peneliti juga menggunakan teknik analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, strategi pemasaran jasa pendidikan yang dilakukan oleh MAN 3 Kota Cirebon untuk meningkatkan kompetensi lulusannya menggunakan dua cara, yaitu: (a) Pemasaran secara langsung, yaitu melalui Promosi dan Publisitas; Pemanfaatan IT, Media Cetak dan Elektronik; dan Door to door ke setiap sekolah dengan keikutsertaan dari alumni. (b) Pemasaran secara tidak langsung, yaitu melalui penawaran berbagai kegiatan ekstrakurikuler;Mengadakan pelatihan dan pengembangan bahasa arab dan bahasa inggris; Mengadakan kegiatan pelatihan, diskusi ilmiah, serta kegiatan lain yang dapat membekali siswa baik yang melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi maupun yang akan kembali ke masyarakat; Peran siswa, orang tua siswa dan alumni; Menegakkan gerakan disiplin bagi siswa baik dalam kelas maupun di luar kelas. Kedua, implementasi pemasaran di MAN ini adalah (a) Merumuskan strategi persaingan yaitu dengan melakukan identifikasi segmentasi pasar, targetting dan positioning; (b) Membuat taktik pemasaran yaitu dengan menerapkan teori bauran pemasaran dengan cara menerapkan produk-produk yang berkualitas dari MAN ini, menonjolkan letak geografisnya yang sangat strategis, menerapkan harga yang bersaing dengan lembaga lain, dan juga melakukan langkah-langkah promosi. Ketiga, Faktor pendukung dan penghambat yang mana peneliti jabarkan ke dalam analisis SWOT. Kontribusi terhadap keilmuan penelitian ini adalah untuk memberikan wawasan dan khasanah pengetahuan serta memberi sumbangan akademik tentang model strategi pemasaran jasa pendidikan khususnya di MAN 3 Kota Cirebon dalam rangka meningkatkan kompetensi kelulusan. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA M1 - masters TI - STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI LULUSAN (STUDI ANALISIS DI MAN 3 KOTA CIREBON) AV - restricted ER -