<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PERKEMBANGAN KURIKULUM BAHASA ARAB DI PENDIDIKAN\r\nBAHASA ARAB (PBA) FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN\r\nKEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA\r\n(PERSPEKTIF HISTORIS PERIODE 1975-2013)"^^ . "Indah Kumalasari. Perkembangan Kurikulum Bahasa Arab di Pendidikan\r\nBahasa Arab (PBA) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga\r\nYogyakarta (Perspektif Historis Periode 1975-2013).\r\nPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: 1)\r\nperkembangan kurikulum Jurusan PBA UIN Sunan Kalijaga periode 1975-2013,\r\n2) perkembangan komponen kurikulum Jurusan PBA UIN Sunan Kalijaga periode\r\n1975-2013 yang kontinyu dan change, 3) faktor-faktor penyebab perubahan\r\nkurikulum Jurusan PBA UIN Sunan Kalijaga periode 1975-2013.\r\nJenis penelitian ini bersifat kualitatif dengan pendekatan historis.\r\nPengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara,\r\nobservasi, dokumentasi dan folklore. Analisis data dalam penelitian ini\r\nmenggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu pengumpulan data,\r\nkritik/verifikasi data, penafsiran, dan penulisan secara metodis dengan fokus\r\nkajian yaitu Perkembangan Kurikulum Bahasa Arab di Jurusan PBA UIN Sunan\r\nKalijaga.\r\nHasil penelitian ini menyatakan bahwa: Pertama, dari sisi kewenangan\r\npenyusunan kurikulum sebelum KBK pada Pemerintah Pusat cukup dominan, dan\r\njurusan/progran studi sebagai pelaksana kurikulum. Sedangkan penyusunan\r\nkurikulum 2004-2013, tetap dalam kendali Pemerintah Pusat dan jurusan/program\r\nstudi memiliki kewenangan yang sangat besar untuk mengembangkan\r\nkurikulumnya sendiri.\r\nKedua, Berdasarkan komponen mata kuliah, kurikulum sebelum 1975\r\nterdiri dari mata kuliah pokok, penting dan pelengkap. Kurikulum 1975-1983\r\nterdiri dari komponen institut, fakultas dan jurusan. Kurikulum 1988 terdiri dari\r\nMKDU, MKDK, MKKP, dan MKP. Kurikulum 1995-1997 terdiri dari Kurikulum\r\nNasional (Kurnas) dan Kurikulum Lokal (Kurlok) dan terdapat empat kelompok\r\nmata kuliah (MKU, MKDK, MKK, dan MKKP). KBK (2004-2013) terdiri atas\r\nKurikulum Inti, kurikulum Institusional dan terdapat lima pengelompokan mata\r\nkuliah (MPK, MKK, MKB, MPB, dan MBB).\r\nKetiga, prose pembelajaran yang semula transfer of knowledge (sebelum\r\nKBK), teacher centered (TCL), dan content based, diganti dengan method of\r\ninquiry (KBK) dan Student centered learning (SCL). Luaran hasil yang semula\r\npenilaiannya dilakukan oleh penyelenggara pendidikan tinggi, dalam konsep yang\r\nbaru penilaian selain oleh perguruan tinggi juga dilakukan oleh masyarakat\r\npemangku kepentingan.\r\nKeempat, berdasarkan komponen kurikulum mata kuliah bahasa Arab. (1)\r\nTujuan pembelajaran bahasa Arab sebelum tahun 1975-1983 kurang memiliki\r\nrumusan yang konkrit seperti tujuan kurikuler dan instruksional. Tujuan tersebut\r\ncenderung pasif artinya bahasa Arab hanya dijadikan sebagai alat untuk\r\nmemahami bahan bacaan. Kurikulum 1994-2013 bersifat holistis artinya untuk\r\nmengejar ketertinggalan atau kelemahan dalam penguasaan bahasa secara aktif,\r\nmaka dalam kurikulum ini penguasaan bahasa secara aktif lebih ditekankan dan\r\ntidak serta merta mengesampingkan penguasaan berbahasa secara pasif. (2) Proses\r\npembelajaran, terdiri dari: (a) Materi pembelajaran bahasa Arab pada tahun 1975-\r\nviii\r\n1983 memiliki keterkaitan karena sama-sama memiliki muatan struktur yang\r\nsama. Sedangkan pada tahun 1994-2013 bersifat fungsional komunikatif artinya\r\nmeteri-materi yang diajarkan lebih menekankan pada penguasaan kompetensi\r\nkomunikatif. (b) Pendekatan pembelajaran sebelum tahun 1975-1983\r\nmenggunakan pendekatan kognitif, struktural atau pendekatan analisis dan non\r\nanalisis, pada tahun 1988-1997 menggunakan pendekatan komunikatif semu, dan\r\npada tahun 2004-2013 menggunakan pendekatan komunikatif. (c) Metode yang\r\ndigunakan pada awal kurikulum sampai tahun 80-an menggunakan gramatikatarjamah.\r\nSedangkan ditahun 90-an sampai tahun 2013 sudah mulai\r\ndikembangkan metode eklektik. (d) Teknik bersifat implementasional dimana\r\nperubahannya mengacu pada pendekatan dan metode. (e) Struktur kurikulum,\r\nyaitu selalu mengalami perubahan, berupa pengurangan dan penambahan SKS\r\nmaupun pergantian mata kuliah. (3) Evaluasi bersifat kontinyu berupa tes, non tes\r\ndan praktek bahasa.\r\nFaktor-faktor penyebab terjadinya perubahan kurikulum bahasa Arab di\r\nJurusan PBA UIN Sunan Kalijaga yaitu adanya perubahan kurikulum nasional,\r\nperkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, faktor sosial, untuk\r\nmeningkatkan mutu pendidikan, dan adanya beberapa kelemahan yang ada pada\r\nkurikulum sebelumnya."^^ . "2015-05-20" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PROGRAM PASCASARJANA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1320411220"^^ . "INDAH KUMALASARI"^^ . "NIM. 1320411220 INDAH KUMALASARI"^^ . . . . . . "PERKEMBANGAN KURIKULUM BAHASA ARAB DI PENDIDIKAN\r\nBAHASA ARAB (PBA) FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN\r\nKEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA\r\n(PERSPEKTIF HISTORIS PERIODE 1975-2013) (Text)"^^ . . . "PERKEMBANGAN KURIKULUM BAHASA ARAB DI PENDIDIKAN\r\nBAHASA ARAB (PBA) FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN\r\nKEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA\r\n(PERSPEKTIF HISTORIS PERIODE 1975-2013) (Text)"^^ . . . "1320411220_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf"^^ . . . "PERKEMBANGAN KURIKULUM BAHASA ARAB DI PENDIDIKAN\r\nBAHASA ARAB (PBA) FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN\r\nKEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA\r\n(PERSPEKTIF HISTORIS PERIODE 1975-2013) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PERKEMBANGAN KURIKULUM BAHASA ARAB DI PENDIDIKAN\r\nBAHASA ARAB (PBA) FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN\r\nKEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA\r\n(PERSPEKTIF HISTORIS PERIODE 1975-2013) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PERKEMBANGAN KURIKULUM BAHASA ARAB DI PENDIDIKAN\r\nBAHASA ARAB (PBA) FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN\r\nKEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA\r\n(PERSPEKTIF HISTORIS PERIODE 1975-2013) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PERKEMBANGAN KURIKULUM BAHASA ARAB DI PENDIDIKAN\r\nBAHASA ARAB (PBA) FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN\r\nKEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA\r\n(PERSPEKTIF HISTORIS PERIODE 1975-2013) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PERKEMBANGAN KURIKULUM BAHASA ARAB DI PENDIDIKAN\r\nBAHASA ARAB (PBA) FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN\r\nKEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA\r\n(PERSPEKTIF HISTORIS PERIODE 1975-2013) (Other)"^^ . . . . . . "PERKEMBANGAN KURIKULUM BAHASA ARAB DI PENDIDIKAN\r\nBAHASA ARAB (PBA) FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN\r\nKEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA\r\n(PERSPEKTIF HISTORIS PERIODE 1975-2013) (Other)"^^ . . . . . . "PERKEMBANGAN KURIKULUM BAHASA ARAB DI PENDIDIKAN\r\nBAHASA ARAB (PBA) FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN\r\nKEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA\r\n(PERSPEKTIF HISTORIS PERIODE 1975-2013) (Other)"^^ . . . . . . "PERKEMBANGAN KURIKULUM BAHASA ARAB DI PENDIDIKAN\r\nBAHASA ARAB (PBA) FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN\r\nKEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA\r\n(PERSPEKTIF HISTORIS PERIODE 1975-2013) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #17536 \n\nPERKEMBANGAN KURIKULUM BAHASA ARAB DI PENDIDIKAN \nBAHASA ARAB (PBA) FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN \nKEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA \n(PERSPEKTIF HISTORIS PERIODE 1975-2013)\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Bahasa Arab"@id . .