<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "STATUS DAN PERAN SOSIAL GURU BAHASA ARAB\r\nDALAM MASYARAKAT\r\n(STUDI KASUS TERHADAP GURU MAN 2 KUDUS BERDASARKAN\r\nTEORI STRUKTURAL-FUNGSIONAL)"^^ . "Rifqi Aulia Rahman. Status dan Peran Sosial Guru Bahasa Arab dalam\r\nMasyarakat (Studi Kasus terhadap Guru MAN 2 Kudus Berdasarkan Teori\r\nStruktural-Fungsional). Tesis, Yogyakarta: Pascasarjana Universitas Islam Negeri\r\nSunan Kalijaga Yogyakarta, 2015.\r\nPenelitian ini berangkat dari permasalahan bahwa keberadaan guru bahasa\r\nArab MAN 2 terkait status dan perannya dalam masyarakat tidak selalu sejalan\r\ndengan predikat guru agama yang melekat ketika mengajar di madrasah. Oleh\r\nkarena itu, rumusan masalah yang diangkat penulis yaitu : 1) Bagaimana status\r\ndan peran guru bahasa Arab MAN 2 Kudus dalam masyarakat di luar madrasah;\r\n2) Bagaimana relevansi antara status dan perannya sebagai guru agama di MAN 2\r\nKudus dengan sebagai anggota masyarakat di tempat tinggal masing-masing; 3)\r\nBagaimana respon masyarakat sekitar terhadap status dan peran guru bahasa Arab\r\nMAN 2 Kudus dalam masyarakat.\r\nPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan : 1) status\r\ndan peran guru bahasa Arab MAN 2 Kudus dalam masyarakat, dan menelusuri\r\nargumentasi guru bahasa Arab tersebut dalam memilih status dan perannya dalam\r\nmasyarakat; 2) relevansi status dan peran guru bahasa Arab MAN 2 di madrasah\r\ndengan di tengah masyarakat; 3) Menyingkap respon-respon subjektif dari\r\nberbagai kategori masyarakat sekitar terkait status dan peran guru bahasa Arab\r\nMAN 2 Kudus dalam masyarakat.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan menggunakan\r\npendekatan deskriptif kualitatif. Adapun data dikumpulkan melalui metode\r\nwawancara (interview), observasi (observation) studi dokumenter (documentary\r\nstudy) dan triangulasi, yang kemudian dianalisis menggunakan teknik kualitatifinteraktif.\r\nSedangkan pola pikir yang digunakan dalam memverifikasi data adalah\r\ninduktif-deduktif.\r\nHasil penelitian ini menyatakan bahwa: 1) Semua guru bahasa Arab MAN\r\n2 Kudus menyandang status dan peran sosial bermacam-macam di dalam\r\nmasyarakat. Status beserta perannya itu tidak hanya menempati bidang\r\nkependidikan, melainkan juga merambah kepada bidang kemasyarakatan yang\r\nlain, meliputi pengobatan (kesehatan), kepemimpinan organisasi (manajemen),\r\ndan penyuluhan kerohanian (agama); 2) relevansi antara status dan peran guru d\r\nmadrasah dengan di dalam masyarakat menyangkut tiga kategori. Pertama, guru\r\nbahasa Arab pribumi memiliki kesempatan berkiprah lebih luas dan lebih mudah\r\nmengakses kedudukan-kedudukan di tengah masyarakat. Sedangkan guru bahasa\r\nArab pendatang cenderung pasif, juga tidak mempunyai banyak akses untuk\r\nmenukangi kedudukan dan peran strategis dalam masyarakat. Kedua, guru bahasa\r\nArab yang merupakan lulusan dari pendidikan bahasa Arab, terlihat lebih\r\neksklusif dan introver ketika terjun dalam masyarakat, kurang berani dan mau\r\nmengampu tanggung jawab sosial yang di luar bidang keilmuannya. Sebaliknya,\r\nguru bahasa Arab yang lulusan dari pendidikan agama Islam, cenderung mudah\r\nmenyesuaikan diri dengan status dan peran sosial yang diembankan masyarakat di\r\nsekelilingnya. Ketiga, guru bahasa Arab senior menyandang status dan peran\r\nsosial yang lebih banyak dan strategis serta dengan tingkat resiko lebih tinggi.\r\nBerbanding terbalik dengan guru bahasa Arab yunior yang menyandang status dan\r\nviii\r\nperan yang sedikit walaupun juga cukup beresiko; 3) Ada dua pendapat\r\nmenyangkut status dan peran sosial guru bahasa Arab dalam masyarakat yang\r\nberasal dari empat kategori masyarakat (pranata masyarakat, tokoh agama, pihak\r\nmadrasah, dan masyarakat biasa) Yang pertama guru bahasa Arab tidak identik\r\ndengan guru agama. Kedua, guru bahasa Arab identik dengan guru agama."^^ . "2015-05-20" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PROGRAM PASCASARJANA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1320411182"^^ . "RIFQI AULIA RAHMAN"^^ . "NIM. 1320411182 RIFQI AULIA RAHMAN"^^ . . . . . . "STATUS DAN PERAN SOSIAL GURU BAHASA ARAB\r\nDALAM MASYARAKAT\r\n(STUDI KASUS TERHADAP GURU MAN 2 KUDUS BERDASARKAN\r\nTEORI STRUKTURAL-FUNGSIONAL) (Text)"^^ . . . "STATUS DAN PERAN SOSIAL GURU BAHASA ARAB\r\nDALAM MASYARAKAT\r\n(STUDI KASUS TERHADAP GURU MAN 2 KUDUS BERDASARKAN\r\nTEORI STRUKTURAL-FUNGSIONAL) (Text)"^^ . . . "1320411182_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf"^^ . . . "STATUS DAN PERAN SOSIAL GURU BAHASA ARAB\r\nDALAM MASYARAKAT\r\n(STUDI KASUS TERHADAP GURU MAN 2 KUDUS BERDASARKAN\r\nTEORI STRUKTURAL-FUNGSIONAL) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "STATUS DAN PERAN SOSIAL GURU BAHASA ARAB\r\nDALAM MASYARAKAT\r\n(STUDI KASUS TERHADAP GURU MAN 2 KUDUS BERDASARKAN\r\nTEORI STRUKTURAL-FUNGSIONAL) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "STATUS DAN PERAN SOSIAL GURU BAHASA ARAB\r\nDALAM MASYARAKAT\r\n(STUDI KASUS TERHADAP GURU MAN 2 KUDUS BERDASARKAN\r\nTEORI STRUKTURAL-FUNGSIONAL) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "STATUS DAN PERAN SOSIAL GURU BAHASA ARAB\r\nDALAM MASYARAKAT\r\n(STUDI KASUS TERHADAP GURU MAN 2 KUDUS BERDASARKAN\r\nTEORI STRUKTURAL-FUNGSIONAL) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "STATUS DAN PERAN SOSIAL GURU BAHASA ARAB\r\nDALAM MASYARAKAT\r\n(STUDI KASUS TERHADAP GURU MAN 2 KUDUS BERDASARKAN\r\nTEORI STRUKTURAL-FUNGSIONAL) (Other)"^^ . . . . . . "STATUS DAN PERAN SOSIAL GURU BAHASA ARAB\r\nDALAM MASYARAKAT\r\n(STUDI KASUS TERHADAP GURU MAN 2 KUDUS BERDASARKAN\r\nTEORI STRUKTURAL-FUNGSIONAL) (Other)"^^ . . . . . . "STATUS DAN PERAN SOSIAL GURU BAHASA ARAB\r\nDALAM MASYARAKAT\r\n(STUDI KASUS TERHADAP GURU MAN 2 KUDUS BERDASARKAN\r\nTEORI STRUKTURAL-FUNGSIONAL) (Other)"^^ . . . . . . "STATUS DAN PERAN SOSIAL GURU BAHASA ARAB\r\nDALAM MASYARAKAT\r\n(STUDI KASUS TERHADAP GURU MAN 2 KUDUS BERDASARKAN\r\nTEORI STRUKTURAL-FUNGSIONAL) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #17545 \n\nSTATUS DAN PERAN SOSIAL GURU BAHASA ARAB \nDALAM MASYARAKAT \n(STUDI KASUS TERHADAP GURU MAN 2 KUDUS BERDASARKAN \nTEORI STRUKTURAL-FUNGSIONAL)\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .