<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KETERKAITAN SCIENTIFIC LEARNING\r\nDENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS\r\n(Kajian Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar Budi Mulia Dua Sedayu Bantul)"^^ . "Menumbuhkembangkan kemampuan berpikir kritis pada siswa sangat penting\r\ndimulai dari pendidikan dasar. Diperlukan metode pembelajaran ilmiah untuk\r\nmelatih kemampuan siswa dalam memahami konsep dan peka akan masalah yang\r\nterjadi sehingga dapat mengaplikasikan konsep dalam situasi yang berbeda\r\nkhususnya dalam materi IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi\r\nketerampilan scientific learning dan kemampuan berpikir kritis siswa serta\r\nmenganalisis dan mengeksplorasi keterkaitan keterampilan scientific learning\r\ndengan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V di SD Budi Mulia Dua Sedayu\r\nBantul. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi concurrent embedded\r\ndesign, sampel dipilih dengan menggunakan teknik total sampling dengan kriteria\r\ninklusi didapatkan sampel sejumlah 38 siswa. Pada penelitian ini, kriteria berpikir\r\nkritis banyak ditemukan dalam aktifitas scientific learning. Berdasarkan hasil\r\npenelitian, Keterampilan Scientific learning guru menunjukkan paling dominan\r\ndalam mengelola objek studi, sedangkan paling lemah dalam keterampilan\r\nmengevaluasi dan memantau. Keterampilan scientific learning guru berkaitan\r\ndengan keterampilan scientific learning siswa paling dominan terkait oleh\r\nprosedur guru dalam mengelola objek studi berupa penugasan mandiri\r\ndiantaranya 1) mencari referensi materi cahaya dan alat optik melalui berbagai\r\nsumber, 2) mencari pengertian dan sifat-sifat cahaya melalui buku referensi, 3)\r\nmencari pengertian dan apa saja yang termasuk dalam alat-alat optik, 4) membuat\r\npercobaan sederhana atau karya berteknologi sederhana, 5) praktik menerapkan\r\nprinsip-prinsip cahaya pada percobaan ataupun karya berteknologi sederhana, 6)\r\nmemberikan kesimpulan sesuai dengan capaian belajar siswa. Adapun\r\nketerampilan guru lainnya (memantau, menfasilitasi, dan mengevaluasi) tidak\r\nberkaitan langsung dengan keterampilan scientific learning siswa, disebabkan\r\nguru tidak melibatkan siswa secara langsung pada keterampilan guru tersebut.\r\nSedangkan scientific learning skill siswa (mengamati, mengukur,\r\nmengklasifikasi, mengomunikasi, memperkirakan, dan menyimpulkan)\r\nmenunjukkan lebih dari setengah jumlah siswa (67,5%) kategori tinggi dan hanya\r\nsebagian kecil berkategori sangat tinggi. Kemampuan berpikir kritis siswa\r\n(memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar,\r\nmenyimpulkan penjelasan lanjut, mengatur strategi dan taktik) menunjukkan\r\nmayoritas siswa (75%) kategori tinggi. Pada analisis keterkaitan didapatkan\r\nkontribusi efektif mengamati (5,9%) dan mengklasifikasi (1%) terhadap memberi\r\npenjelasan sederhana. Selain itu mengamati (19,3%) juga berkaitan terhadap\r\nkemampuan membangun keterampilan dasar. Pada indikator menyimpulkan,\r\naspek mengomunikasikan berkontribusi sebesar 3,4%, sedangkan indikator\r\nmemberi penjelasan lanjut dipengaruhi aspek mengamati (9,5%), mengklasifikasi\r\n(0,8%) dan mengomunikasi (2,4%), dan indikator terakhir adalah kemampuan mengatur strategi dan taktik siswa dipengaruhi aspek mengamati (12%). Pada\r\nanalisis regresi diperoleh nilai R sebesar 0,776 dengan R Square 0,602 (60,2%).\r\ndapat disimpulkan bahwa keterampilan scientific learning siswa berpengaruh\r\nsecara signifikan (60,2%) terhadap berpikir kritis. Keterampilan siswa dalam\r\nscientific learning tidak terlepas kaitannya dengan scientific learning skill guru.\r\nHasil penelitian menunjukkan tidak semua keterampilan scientific learning guru\r\nberkaitan dan memberikan pengaruh terhadap scientific learning skill siswa.\r\nKata kunci: scientific learning, kemampuan berpikir kritis"^^ . "2015-06-30" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "Pascasarjana, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM: 1220420006"^^ . "NURUL YUSRI"^^ . "NIM: 1220420006 NURUL YUSRI"^^ . . . . . . "KETERKAITAN SCIENTIFIC LEARNING\r\nDENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS\r\n(Kajian Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar Budi Mulia Dua Sedayu Bantul) (Text)"^^ . . . . . "BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "KETERKAITAN SCIENTIFIC LEARNING\r\nDENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS\r\n(Kajian Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar Budi Mulia Dua Sedayu Bantul) (Text)"^^ . . . . . "KETERKAITAN SCIENTIFIC LEARNING\r\nDENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS\r\n(Kajian Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar Budi Mulia Dua Sedayu Bantul) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KETERKAITAN SCIENTIFIC LEARNING\r\nDENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS\r\n(Kajian Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar Budi Mulia Dua Sedayu Bantul) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KETERKAITAN SCIENTIFIC LEARNING\r\nDENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS\r\n(Kajian Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar Budi Mulia Dua Sedayu Bantul) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KETERKAITAN SCIENTIFIC LEARNING\r\nDENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS\r\n(Kajian Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar Budi Mulia Dua Sedayu Bantul) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "KETERKAITAN SCIENTIFIC LEARNING\r\nDENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS\r\n(Kajian Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar Budi Mulia Dua Sedayu Bantul) (Other)"^^ . . . . . . "KETERKAITAN SCIENTIFIC LEARNING\r\nDENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS\r\n(Kajian Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar Budi Mulia Dua Sedayu Bantul) (Other)"^^ . . . . . . "KETERKAITAN SCIENTIFIC LEARNING\r\nDENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS\r\n(Kajian Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar Budi Mulia Dua Sedayu Bantul) (Other)"^^ . . . . . . "KETERKAITAN SCIENTIFIC LEARNING\r\nDENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS\r\n(Kajian Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar Budi Mulia Dua Sedayu Bantul) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #17552 \n\nKETERKAITAN SCIENTIFIC LEARNING \nDENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS \n(Kajian Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar Budi Mulia Dua Sedayu Bantul)\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah"@id . .