TY  - THES
N1  - Dr. Sangkot Sirait, M.Ag.
ID  - digilib17559
UR  - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17559/
A1  - YULI YANTI, S.PD.I, 1320420007
Y1  - 2015/03/30/
N2  - Kata Kunci: Buku Ajar, Fikih
Masalah penting yang sering dihadapi guru dalam kegiatan pembelajaran adalah
memilih buku ajar yang tepat dalam rangka membantu siswa mencapai
kompetensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latarbelakang pemilihan
buku ajar fikih dan kualitas buku ajar fikih kelas VI di MI Sultan Agung dan SD
IT Ar-Rahmah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian komparatif, yaitu
mengkomparasikan buku ajar fikih kelas VI yang digunakan oleh MI Sultan
Agung dan SD IT Ar-Rahmah. Adapun buku ajar yang diteliti yaitu buku ajar
pelajaran fikih kelas VI yang diterbitkan oleh Tiga Serangkai dan Erlangga. Data
yang diperoleh dianalisis dengan metode (content analysis) analisis isi kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, pemilihan buku ajar fikih di MI
Sultan Agung lebih konsisten dengan menggunakan penerbit Tiga Serangkai.
Pemilihan tersebut didasarkan atas kesepakatan buku ajar untuk seluruh Madrasah
Ibtidaiyah yang ada di Yogyakarta, sedangkan pemilihan buku ajar fikih di SD IT
Ar-Rahmah lebih kepada kesepakatan wali kelas dan hasil evaluasi buku ajar
setelah digunakan hingga mendapatkan buku ajar yang dianggap paling sesuai
untuk digunakan. Kedua, kualitas bahan ajar yang digunakan di MI Sultan Agung
dianggap baik karena, dalam penyajian isi materi secara keseluruhan sudah sesuai
dengan SK dan KD. Kualitas buku ajar yang digunakan di SD IT Ar-Rahmah
cukup baik karena, dalam penyajian isi materi secara keseluruhan sudah sesuai
dengan SK dan KD, namun membutuhkan peninjauan pada kd mempraktikkan
tata cara pinjam meminjam. Ketiga, dari segi persamaan, buku ajar di MI Sultan
Agung dan SD IT Ar-Rohmah secara keseluruhan, isi materi mencakup aspek
afektif, kognitif dan psikomotorik. Dari segi perbedaan, buku ajar di MI Sultan
Agung dari segi latihan dan evaluasi pada ranah afektif, kognitif, dan
psikomotorik lebih memiliki kekritisaan, kekreatifan dan keinovatifan melalui
soal analisis, sintesis dan evaluasi dengan mengangkat kasus-kasus. Sedangkan
buku ajar di SD IT Ar-Rohmah, penyajian tugas atau latihan banyak didominasi
pengetahuan dan pemahaman dan tidak ada soal yang berbentuk kasus-kasus.
PB  - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
KW  - Buku Ajar
KW  -  Fikih
M1  - masters
TI  - ANALISIS BUKU AJAR FIKIH
Studi Komparasi di MI Sultan Agung dan SD IT Ar-Rahmah Yogyakarta
AV  - restricted
EP  - 205
ER  -