%A 1320420007 YULI YANTI, S.PD.I %O Dr. Sangkot Sirait, M.Ag. %T ANALISIS BUKU AJAR FIKIH Studi Komparasi di MI Sultan Agung dan SD IT Ar-Rahmah Yogyakarta %X Kata Kunci: Buku Ajar, Fikih Masalah penting yang sering dihadapi guru dalam kegiatan pembelajaran adalah memilih buku ajar yang tepat dalam rangka membantu siswa mencapai kompetensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latarbelakang pemilihan buku ajar fikih dan kualitas buku ajar fikih kelas VI di MI Sultan Agung dan SD IT Ar-Rahmah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian komparatif, yaitu mengkomparasikan buku ajar fikih kelas VI yang digunakan oleh MI Sultan Agung dan SD IT Ar-Rahmah. Adapun buku ajar yang diteliti yaitu buku ajar pelajaran fikih kelas VI yang diterbitkan oleh Tiga Serangkai dan Erlangga. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode (content analysis) analisis isi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, pemilihan buku ajar fikih di MI Sultan Agung lebih konsisten dengan menggunakan penerbit Tiga Serangkai. Pemilihan tersebut didasarkan atas kesepakatan buku ajar untuk seluruh Madrasah Ibtidaiyah yang ada di Yogyakarta, sedangkan pemilihan buku ajar fikih di SD IT Ar-Rahmah lebih kepada kesepakatan wali kelas dan hasil evaluasi buku ajar setelah digunakan hingga mendapatkan buku ajar yang dianggap paling sesuai untuk digunakan. Kedua, kualitas bahan ajar yang digunakan di MI Sultan Agung dianggap baik karena, dalam penyajian isi materi secara keseluruhan sudah sesuai dengan SK dan KD. Kualitas buku ajar yang digunakan di SD IT Ar-Rahmah cukup baik karena, dalam penyajian isi materi secara keseluruhan sudah sesuai dengan SK dan KD, namun membutuhkan peninjauan pada kd mempraktikkan tata cara pinjam meminjam. Ketiga, dari segi persamaan, buku ajar di MI Sultan Agung dan SD IT Ar-Rohmah secara keseluruhan, isi materi mencakup aspek afektif, kognitif dan psikomotorik. Dari segi perbedaan, buku ajar di MI Sultan Agung dari segi latihan dan evaluasi pada ranah afektif, kognitif, dan psikomotorik lebih memiliki kekritisaan, kekreatifan dan keinovatifan melalui soal analisis, sintesis dan evaluasi dengan mengangkat kasus-kasus. Sedangkan buku ajar di SD IT Ar-Rohmah, penyajian tugas atau latihan banyak didominasi pengetahuan dan pemahaman dan tidak ada soal yang berbentuk kasus-kasus. %K Buku Ajar, Fikih %D 2015 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib17559