%A NIM: 1320420011 ARIS MUNANDAR %O Dr. Na’imah, M.Hum. %T MANAJEMEN PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU IPA DI SLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA %X SLB A Yaketunis merupakan sekolah khusus bagi siswa tunanetra dari tingkat dasar sampai dengan menengah yang memiliki keterbatasan dalam belajar serta latar belakang Pendidikan dan keluarga yang berbeda-beda. Guru yang professional sangat dibutuhkan untuk mengatasi berbagai masalah tersebut.Guru dituntut untuk memiliki empat kompetensi dasar dan memiliki instrumen yang lengkap secara administrasi. Guru juga dituntutagar para siswa tunanetra mampu menerima materi dengan baik sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Guru diwajibkanmeningkatkan kualitas dan kompetensinya untuk meningkatkan profesioalitasnya.Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana manajemen peningkatan dan profesionalisme guru IPA serta faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat peningkatan profesionalisme Guru IPA di SLB A Yaketunis Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif.Pengumpulan datadilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan analisis dokumentasi. Sebagai uji keabsahan data digunakan triangulasi. Analisis data dalam penelitian ini berupa teknik analisis deskriptif kualitatif, dengan cara mendeskripsikan data dan memberikan analisa terhadap hasil olahan data. Proses pengolahan data yang digunakan yaitu reduksi data, sajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Proses analisa dilakukan dengan menggunakan alat analisa berdasarkan kerangka teori yang ada. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:1) Guru IPA di SLB A Yaketunis telah memenuhi syarat sebagai guru professional, dengan dibuktikan memiliki empat kompetensi yaitu; (1) Kompetensi pedagogik (2) Kompetensi kepribadian (3)Kompetensi profesional (4) Kompetensi sosial. 2) Guru di SLB A Yaketunis telah menerapkan fungsi manajemen yang terdiri atas perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan.Kegiatan yang dilaksaanakan dalam meningkatkan profesionalitas meliputi : KKG, Workshop, Seminar guru,Pembinaan oleh Pengawas sekolah, Pembelajaran penulisan Braille, dan Pelatihan komputer. Pengorganisasian dilakukan dengan memberikan tanggung jawab dan wewenang kepada guru sebagai pelaksana dengan berpedoman pada pengarahan yang telah ditetapkan dalam kode etik guru. Proses pengendalian dilakukan melalui kegiatan monitoring administrasi guru dan kegiatan supervisi kelas secara langsung oleh kepala sekolah.3) Faktor pendukung peningkatan profesionalisme Guru IPA SLB A Yaketunis diantaranya kualifikasi akademik guru yang sesuai dengan bidangnya, dukungan dari masyarakat, sarana dan prasarana Pendidikan yang menunjang profesionalisme guru, lingkungan kondusif, dan kurikulum muatan lokal berdasarkan kebutuhan. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu keterbatasan sarana dan prasarana, tidak konsistennya kebijakan pemerintah dalam bidang Pendidikan, dan ketidakaktifan KKG Wilayah. Kata Kunci:Manajemen, Profesionalisme Guru IPA %K Manajemen, Profesionalisme Guru IPA %D 2015 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib17561