eprintid: 17564 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/01/75/64 datestamp: 2015-10-13 00:38:20 lastmod: 2015-10-13 00:38:20 status_changed: 2015-10-13 00:38:20 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ERFAN EFENDI, NIM: 1320421020 title: KURIKULUM 2013 DALAM MEWUJUDKAN PARADIGMA BARU PEMBELAJARAN SAINS/IPA DI MADRASAH IBTIDAIYAH WAHID HASYIM SLEMAN YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: pps_pgmi full_text_status: restricted keywords: Implementasi Kurikulum 2013, Penerapan Pendekatan Saintifik note: Prof. Dr. Abdurrahman Assegaf, MA abstract: Tujuan dalam penelitian ini untuk mendiskripsikan bagaimana implementasi Kurikulum 2013 Di Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim Sleman Yogyakarta. Yang kedua untuk mendiskripsikan implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran sains di Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim Sleman Yogyakarta. Adapun Jenis penelitian ini adalah menggunakan prosedur penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Adapun pendekatan dalam penelitian ini adalah Pendekatan Naturalistik, pendekatan ini di anggap relevan karena sifatnya yang alamiah dan menghendaki keutuhan, di samping diharapkan memperoleh pemahaman dan penafsiran yang mendalam mengenai makna dan fakta yang relevan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran sains/IPA di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Wahid Hasyim baru di laksanakan pada tahun 2013 untuk kelas 1 dan 4 selama satu semester, proses tersebut berjalan dengan baik; mulai pelaksanaan proses pembelajarannya yang berlangsung secara aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Adapun dalam proses penilaian guru mata pelajaran sains/IPA juga sudah melakukan proses penilaian otentik (Authentic Assesment) yang menilai kesiapan peserta didik, proses, dan hasil belajar secara utuh, meskipun pada saat proses pembelajaran guru merasa kesulitan untuk memperhatikan setiap peserta didik untuk menilai sikap dari masing-masing peserta didik, sedangkan pada saat yang bersamaan guru juga harus menyampaikan pembelajaran. penilaian autentik tersebut dilakukan dengan menilai sikap yang meliputi observasi, penilaian diri, penilaian teman sejawat, dan jurnal. Nilai pengetahuan meliputi tes tulis, tes lisan, penugasan, ulangan harian, UTS dan UAS. Nilai ketrampilan meliputi praktek, proyek dan portofolio. Sedangkan dalam proses pembelajaran sains/IPA guru sudah menerapkan dengan menggunakan pendekatan saintifik yaitu dengan cara mengamati, menanya, mengumpulkan informasi atau eksperimen, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. Kata kunci: Implementasi Kurikulum 2013, Penerapan Pendekatan Saintifik date: 2015-04-30 date_type: published pages: 216 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other citation: ERFAN EFENDI, NIM: 1320421020 (2015) KURIKULUM 2013 DALAM MEWUJUDKAN PARADIGMA BARU PEMBELAJARAN SAINS/IPA DI MADRASAH IBTIDAIYAH WAHID HASYIM SLEMAN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17564/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17564/2/BAB%20II%2C%20III.pdf