eprintid: 17565 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/01/75/65 datestamp: 2015-10-13 00:38:23 lastmod: 2015-10-13 00:38:23 status_changed: 2015-10-13 00:38:23 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SARJU, NIM: 1320421022 title: PERAN ORANGTUA DAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VI DALAM UJIAN SEKOLAH/MADRASAH DI MIN JEJERAN WONOKROMO PLERET BANTUL YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: pps_pgmi full_text_status: restricted keywords: Peran Orangtua dan Guru, Prestasi Belajar. note: Dr. Ahmad Arifi, M.Ag. abstract: MIN Jejeran adalah merupakan salah satu madrasah negeri yang ada di kecamatan Pleret, yang perkembangannya sangat baik dari segi akademik maupun non akademik.Dari hasil US/M di tingkat UPT. PPD. Pleret beberapakali rangking pertama walaupun kadang naik kadang turun.Pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara orangtu dan sekolah, sehingga peran orangtua sangat diperlukan untuk prestasi belajar siswa khususnya dalam Ujian Sekolah/Madrasah karena hasilnyamenjadi tolok ukur prestasi suatu sekolah, juga untuk melanjutkan sekolah ke jenjang berikutnya. Sehingga peran orangtua dan guru sangat menentukan keberhasilan US/M.Berdasarkan hal ini penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orangtua dan guru terhadap prestasi belajar siswa kelas VI dalam Ujian Sekolah/Madrasah. Penelitian ini tergolong penelitian kualitatif deskripsif dengan mengambil lokasi di MIN Jejeran, Wonokromo,Pleret, Bantul.Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara mendeskripsikan data dan memberikan analisa terhadap hasil olahan data dan menarik kesimpulan berdasarkan data yang ditemukan di lapangan. Adapun dalam penelitian ini cara untuk mengabsahkan data yaitu dengan menggunakan teknik triangulasi hasil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:1)Peran orangtua dalam prestasi US/M Orangtua memberikan dukungan terutama dari pendanaan, orangtua mendampingi anak dalam belajar sesuai dengan kemampuannya, membuat kondisibelajar dirumah dengan baik, memberikan fasiitas belajar,memberikan motivasi kepada anaknya untuk berprestasi dalam US/M,memberikan tambahan belajar berupa les, baik ke bimbinganbelajar, mengundang guru les kerumah. Mencarikan bukureferensi sesuai kisi-kisi US/M,orangtua merupakan sumber pembiayaan pendidikan anak.(2) Peran guru dalam menghadapi US/M di MIN Jejeran Guru kelas VI adalah Memberikan pendalaman materi US/M kepada siswa,memberikan motivasi kepada siswa,melaksanakan try out ,menganalisis hasil try out untuk mengetahui pencapaian nilai siswa dan bahan perbaikan. Guru bersemangat dalam memberi tambahan belajar berupa les di sekolah.(3) Faktor pendukung dan penghambat ketercapain tujuan yaitu a) Faktor pendukung terbagi 2 yaitu guru, dan orang tua. Guru memberikan dukungan dengan mengefektifkan pembelajaran, pendalaman materi, melakukan bedah kisi-kisi, try out dan refreshing.MIN Jejeran didukung guru yang professional dan berpengalaman mendampingi siswa dalam US/M. Orangtua siswa mendukung adanya kegiatan di madrasah, memberikan fasilitas pada anaknya, memperhatikan anaknya.Sedangkan faktor penghambat yaitu input siswa yang tidak diseleksi, orang tua yang hanya menyerahkan anaknya sepenuhnya pada sekolah, dan kurang matangnya materi pelajaran kelas IV dan kelas V. Kata Kunci:Peran Orangtua dan Guru, Prestasi Belajar. date: 2015-07-06 date_type: published pages: 202 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other citation: SARJU, NIM: 1320421022 (2015) PERAN ORANGTUA DAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VI DALAM UJIAN SEKOLAH/MADRASAH DI MIN JEJERAN WONOKROMO PLERET BANTUL YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17565/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17565/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf