TY - THES N1 - Prof. Zahdan KP. M.Pd.Ed ID - digilib17569 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17569/ A1 - DALUTI DELIMANUGARI, NIM: 1320421041 Y1 - 2015/06/25/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui prosedur pengembangan media permainan IPA untuk kelas IV MI/ SD, 2) mengetahui kualitas atau kelayakan media permainan IPA untuk siswa MI/SD berdasarkan ahli media dan ahli materi, serta 3) mengetahui hasil pengembangan media permainan IPA dalam meningkatkan minat serta hasil belajar bagi siswa kelas IV MI Muhammadiyah Jalakan dan SD Muhammadiyah Bogor di Gunungkidul. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Prosedur pengembangan meliputi potensi dan masalah, perencanaan, menyusun draf produk, validasi desain, revisi desain, uji coba lapangan terbatas, revisi hasil uji coba lapangan terbatas, uji coba lapangan luas, revisi produk akhir. Dalam pelaksanaan uji coba lapangan terbatas yang menjadi subyeknya adalah 9 siswa kelas IV MI Muhammadiyah Jalakan. Setelah itu, produk dilakukan revisi II maka uji coba lapangan luas melibatkan 25 siswa SD Muhammadiyah Bogor. Semua subyek tersebut diminta untuk mengisi angket dan soal pembelajaran IPA. Data yang dihasilkan kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitiana dalah: 1) Media permainan yang dimaksud dalam penelitian adalah permainan Petir Pelangi dan Monopoli IPA yaitu bentuk permainan yang di dalamnya terdapat materi-materi IPA khususnya pada Bab Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit untuk kelas IV yang dibuat dengan menggunakan program Paint, serta dilengkapi dengan alat pendukungl ainnya. 2) Hasil validasi ahli media dan ahli materi menunjukkan bahwa permainan Petir Pelangi dan Monopoli IPA layak atau baik digunakan sebagai media media pembelajaran. Hal ini didasarkan pada hasil skor penilaian permainan Petir Pelangi dan Monopoli IPA berturut-turut mencapai rata-rata 4,3 dalam kategori sangatbaik, dan 4,08 dalam kategori baik. 3) Pada uji coba lapangan terbatas dan uji coba lapangan luas media permainan petir pelangi dan monopoli IPA hanya dapat meningkatkan minat belajar berturut-turut sebesar 6,55 dengan gain standar 0,41 pada kategori sedang dan 4, 64 dengan gain standar 0,27 pada kategori rendah. Sedangkan untuk rata-rata hasil belajar siswa pada uji lapangan terbatas dan uji lapangan luas kedua media permainan tersebut dapat meningkatkan berturut-turut sebesar 12,77 dengan gain standar 0,31 pada kategori sedang dan 13,4 dengan gain standar sebesar 0,33 pada kategori sedang. Kata kunci: media permainan IPA, minat belajar, hasil belajar. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - media permainan IPA KW - minat belajar KW - hasil belajar. M1 - masters TI - PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MI/ SD DI GUNUNGKIDUL AV - restricted EP - 222 ER -