<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENDEKATAN SAINTIFIK\r\nDALAM MEMBANGUN SIKAP KRITIS SISWA\r\nPADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK\r\n(Studi di MIN Yogyakarta II)"^^ . "Pendidikan Islam sering terlambat merumuskan diri untuk merespon\r\nperubahan dan kecenderungan masyarakat sekarang dan akan datang. Usaha\r\npembaruan pendidikan Islam sering bersifat sepotong-potong dan tidak\r\nkomprehensif, sehingga tidak terjadi perubahan yang esensial, pendidikan Islam\r\ntetap berorientasi pada masa silam ketimbang berorientasi kepada masa depan.\r\nKarena zaman berubah, maka kurikulum harus lebih berbasis pada penguatan\r\npenalaran, bukan lagi hafalan semata. Pembelajaran di abad 21 saat ini harus\r\ndapat mengembangkan kemampuan kreatif-kritis, karakter, dan kemampuan siswa\r\ndalam memanfaatkan informasi dan berkomunikasi. Sehingga kurikulum 2013\r\nmeginstruksikan guru untuk menerapkan pendekatan pembelajaran saintifik pada\r\nsetiap mata pelajaran.\r\nPenelitian ini bertujuan untuk mengungkap cara membangun sikap kritis\r\nsiswa melalui pendekatan saintifik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MIN\r\nYogyakarta II. Pendekatan saintifik merupakan pendekatan pembelajaran yang\r\nmelibatkan kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah\r\ninformasi, dan menyampaikan hasil. Peserta didik yang berpikir kreatif, paling\r\ntidak memiliki ciri-ciri; (1) sensitif dalam melihat suatu masalah, (2) memiliki\r\natau mengemukakan pemikiran orisinil, (3) mengemukakan ide dengan lancar, (4)\r\nberpikir fleksibel, dan (5) mampu mengutarakan kembali pengetahuan yang telah\r\ndimiliki. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian\r\nanalisis deskriptif dalam bentuk kualitatif melalui pendekatan fenomenologi. Jadi,\r\npeneliti mengamati secara langsung untuk mengetahui gejala-gejala yang muncul\r\nterkait implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di\r\nMIN Yogyakarta II, kemudian dianalisa oleh peneliti untuk menemukan fakta\r\nmaupun penyebab. Sumber data penelitian ini adalah guru Aqidah Akhlak dan\r\nsiswa MIN Yogyakarta II. Data penelitian dikumpulkan dengan cara melakukan\r\nobservasi, wawancara, dan dokumentasi.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendekatan saintifik pada\r\nmata pelajaran Aqidah Akhlak sudah cukup baik karena siswa turut terlibat aktif\r\ndalam kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan dan mengolah informasi,\r\nsampai dengan menyampaikan hasil. Adapun pengembangan sikap kritis siswa\r\nmelalui pendekatan saintifik adalah: (1) kegiatan mengamati dan menanya melatih\r\nsiswa untuk sensitif dalam melihat informasi dan menghasilkan ide orisinil, (2)\r\nkegiatan mengumpulkan dan mengolah informasi melatih siswa untuk berpikir\r\nfleksibel, dan (3) kegiatan menyampaikan hasil melatih siswa untuk\r\nmengemukakan ide dengan lancar dan mampu mengutarakan kembali\r\npengetahuan yang telah dimiliki. Hampir secara keseeluruhan rangkaian kegiatan\r\npembelajaran mendukung pengembangan sikap kritis siswa. Adapun faktor yang\r\ndapat menghambat adalah; (1) kurangnya sumber bacaan yang dipersiapkan guru\r\nuntuk siswa, dan (2) kurangnya perhatian guru kepada siswa saat berdiskusi."^^ . "2015-07-06" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "Pascasarjana, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM : 1320422023"^^ . "DJOKO ROHADI WIBOWO"^^ . "NIM : 1320422023 DJOKO ROHADI WIBOWO"^^ . . . . . . "PENDEKATAN SAINTIFIK\r\nDALAM MEMBANGUN SIKAP KRITIS SISWA\r\nPADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK\r\n(Studi di MIN Yogyakarta II) (Text)"^^ . . . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENDEKATAN SAINTIFIK\r\nDALAM MEMBANGUN SIKAP KRITIS SISWA\r\nPADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK\r\n(Studi di MIN Yogyakarta II) (Text)"^^ . . . . . "PENDEKATAN SAINTIFIK\r\nDALAM MEMBANGUN SIKAP KRITIS SISWA\r\nPADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK\r\n(Studi di MIN Yogyakarta II) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENDEKATAN SAINTIFIK\r\nDALAM MEMBANGUN SIKAP KRITIS SISWA\r\nPADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK\r\n(Studi di MIN Yogyakarta II) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENDEKATAN SAINTIFIK\r\nDALAM MEMBANGUN SIKAP KRITIS SISWA\r\nPADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK\r\n(Studi di MIN Yogyakarta II) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENDEKATAN SAINTIFIK\r\nDALAM MEMBANGUN SIKAP KRITIS SISWA\r\nPADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK\r\n(Studi di MIN Yogyakarta II) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENDEKATAN SAINTIFIK\r\nDALAM MEMBANGUN SIKAP KRITIS SISWA\r\nPADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK\r\n(Studi di MIN Yogyakarta II) (Other)"^^ . . . . . . "PENDEKATAN SAINTIFIK\r\nDALAM MEMBANGUN SIKAP KRITIS SISWA\r\nPADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK\r\n(Studi di MIN Yogyakarta II) (Other)"^^ . . . . . . "PENDEKATAN SAINTIFIK\r\nDALAM MEMBANGUN SIKAP KRITIS SISWA\r\nPADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK\r\n(Studi di MIN Yogyakarta II) (Other)"^^ . . . . . . "PENDEKATAN SAINTIFIK\r\nDALAM MEMBANGUN SIKAP KRITIS SISWA\r\nPADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK\r\n(Studi di MIN Yogyakarta II) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #17571 \n\nPENDEKATAN SAINTIFIK \nDALAM MEMBANGUN SIKAP KRITIS SISWA \nPADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK \n(Studi di MIN Yogyakarta II)\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah"@id . .