@mastersthesis{digilib17582, month = {June}, title = {HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA DAN KEBERFUNGSIAN KELUARGA DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI (AUD) TK Aisyiah Bustanul Athfal siswa kelas A Kadipolo Babadan, Sendang Tirto, Yogyakarta.}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {Nim: 1320431021 ANDRI YUNARKO}, year = {2015}, note = {Dr. Sukiman, M.Pd.}, keywords = {Pola Asuh Orangtua, Keberfungsian Keluarga, dan Perkembangan Kognitif AUD.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17582/}, abstract = {Penelitian ini dilakukan dengan dilatarbelakangi oleh Pola Asuh Orangtua dan Keberfungsian Keluarga yang tidak sesuai dengan harapan, sehingga akan berdampak pada perkembangan kognitif anak usia dini yang tidak optimal yang sesuai masa perkembangan anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui hubungan baik secara sendiri-sendri maupun secara bersama-sama antara Pola Asuh Orangtua dan Keberfungsian Keluarga dengan Perkembangan Kognitif AUD di TK Aisyiah Bustanul Athfal siswa kelas A Kadipolo, Babadan, Sendang Tirto, Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, data dan pengumpulan datanya menggunakan angket.Pengumpulan data Pola Asuh Orangtua dan Keberfungsian Keluarga diambil dengan angket, sedangkan Perkembangan Kognitif AUD diperoleh dari nilai raport. Dengan data angket dan nilai raport tersebut untuk mengungkap Pola Asuh Orangtua dan Keberfungsian Keluarga dengan Perkembangan Kognitif AUD. Kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi dan regresi ganda. Dari analisis penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Pola Asuh Orangtua di TK Aisyiah Bustanul Athfal siswa kelas A Kadipolo, Babadan, Sendang Tirto, Yogyakarta termasuk dalam kategori sedang. (2) Keberfungsian Kelurga di TK Aisyiah Bustanul Athfal siswa kelas A Kadipolo, Babadan, Sendang Tirto, Yogyakarta dalam katergori rendah. (3) Perkembangan Kognitif AUD di TK Aisyiah Bustanul Athfal siswa kelas A Kadipolo, Babadan, Sendang Tirto, Yogyakarta dalam kategori sedang. (4) Ada hubungan atau pengaruh yang positif dan signifikan Pola Asuh Orangtua dengan Perkembangan Kognitif AUD di TK Aisyiah Bustanul Athfal siswa kelas A Kadipolo, Babadan, Sendang Tirto, Yogyakarta. (5) Ada hubungan atau pengaruh yang positif dan signifikan Keberfungsian Keluarga dengan Perkembangan Kognitif AUD di TK Aisyiah Bustanul Athfal siswa kelas A Kadipolo, Babadan, Sendang Tirto, Yogyakarta. (6) Ada hubungan atau pengaruh secara bersama-sama yang positif dan signifikan Pola Asuh Orangtua dan Keberfungsian Keluarga dengan Perkembangan Kognitif AUD di TK Aisyiah Bustanul Athfal siswa kelas A Kadipolo, Babadan, Sendang Tirto, Yogyakarta. . Kata kunci : Pola Asuh Orangtua, Keberfungsian Keluarga, dan Perkembangan Kognitif AUD.} }