<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KAJIAN SYARAH HADIS SUBUL AL-SALAM (Perspektif Historis)"^^ . "Terdapat fenomena menarik dalam pen-syarah-an hadis, bahwa sebuah kitab hadis tertentu\r\nbisa memunculkan banyak kitab syarah hadis dan dengan beragam metode (misal tahlili,\r\nijmali, dan juga muqarin) serta corak pen-syarah-an (sektarian dan non sectarian).\r\nBerdasarkan hal tersebut, muncullah sebuah asumsi bahwa suatu pen-syarah-an tidak pernah\r\nlepas dari maksud atau tujuan tertentu. Untuk itu, perlu kiranya menelusuri historisitas\r\nsuatu syarah hadis untuk menyingkap episteme dan ideologi yang tersembunyi di balik suatu\r\nkarya tersebut dan relasinya dengan konstruk sosial-politik dimana karya itu diproduksi. Hal\r\ninilah yang hendak dibuktikan dengan menelusuri salah satu syarah hadis, Subul al-Salam\r\nkarya Muhammad bin Isma‘il al-San‘ani, yang merupakan syarah dari kitab kumpulan hadis,\r\nBulug al-Maram.\r\nPenelitian ini kemudian difokuskan pada dua persoalan berikut: pertama, Bagaimana\r\nkarakteristik penulisan syarah Subul al-Salam karya al-San‘ani; kedua, Apa saja faktorfaktor\r\nyang mempengaruhi model penulisan syarah Subul al-Salam dan bagaimana\r\nkorelasinya dengan unsur-unsur dan pemahaman yang ada dalam syarah. Penelitian ini\r\nmerupakan penelitian kualitatif yang didasarkan pada studi kepustakaan (library research ).\r\nSumber primer yang digunakan yaitu kitab Subul al-Sala>m dan objek formalnya adalah\r\nhistorisitas penulisan syarah{ tersebut. Berdasarkan objek formal tersebut, maka pendekatan\r\nyang digunakan adalah historis.\r\nTemuan dari penelitian ini adalah: pertama, penyusunan kitab Subul al-Salam\r\nnampaknya bertujuan untuk menyelamatkan umat Islam dari bahaya taqlid buta dan sikap\r\nta‘assubiyyah berlebihan terhadap suatu tokoh maupun mazhab tertentu. Ia disusun dalam 17\r\ntema besar (kitab) , men-syarah-i ±1482 dan termasuk syarah tafsili (penjelasan terperinci).\r\nMeski dikatakan bahwa kitab ini merupakan ringkasan dari al-Badr al-Tamam, namun\r\ntidaklah sepenuhnya demikian. Karena secara pemahaman isi, banyak ditemukan perbedaan.\r\nSecara sumber penulisan, maka kitab ini pun memiliki kesamaan rujukan terhadap karyakarya\r\nyang sebelumnya juga dirujuk oleh al-Magribi (penyusun kitab al-Badr al-Tamam).\r\nKeunggulan kitab ini terlihat dari corak pen-syarah-annya yang non-sektarian jika\r\ndibandingkan dengan syarah Bulug al-Maram lainnya seperti Taudih al-Ahkam dan juga\r\nIbanah al-Ahkam. Selain itu juga dikenal dengan pen-tarjih-annya atas sejumlah pendapat\r\nyang ada, yang mana sikap ini tidak ditempuh oleh syarah} lain setaraf al-Badr al-Tamam.\r\nKedua, adanya hubungan multikausalitas yang nampak antara model pen-syarah-an dengan\r\nlatar belakang yang melingkupi pen-syarah-nya. Dalam hal ini peneliti melihat sejumlah\r\nfaktor ini: afiliasi mazhab, akar genealogi pemikiran, dan konteks sosio-historis al-San’ani,\r\ntelah turut mempengaruhi model pen-syarah-annya dalam kitab Subul al-Salam. Secara\r\nafiliasi mazhab, al-San‘ani lebih menampakkan ketidakberpihakkannya terhadap mazhab\r\nmanapun, meski ia tinggal di kalangan tradisi mazhab Zaidiyah Hadawiyah. Ia tidak segan\r\nmenyerang pendapat-pendapat ulama besar mazhab, bahkan seringkali menyalahi pandangan\r\ndari ulama-ulama Zaidiyah. Syarah-nya nampak leluasa mengakomodir berbagai pendapat\r\ndari berbagai ulama mazhab, baik Sunni (Maliki, Hanafi, Syafi‘i, Hanbali), Zahiri, Syi‘ah\r\n(Imamiyah, Zaidiyah, Isma’iliyah) bahkan juga Khawarij. Secara genealogi pemikiran, ia\r\nbanyak terpengaruh oleh pemikiran ibn Taimiyah, dan ibn Qayyim al-Jauziyah yang selalu\r\nmenekankan untuk berpedoman pada dalil dari al-Qur’an dan Sunnah, serta menjauhi sikap\r\ntaqlid dan ta‘assubiyyah berlebihan terhadap tokoh maupun mazhab tertentu. Hal inilah\r\nyang nampak dari metode pen-tarjih-an yang ditempuhnya dalam pen-syarah-annya. Secara\r\nkonteks sosio-historis, iklim keilmuan Zaidiyah secara tidak langsung sangat memadai\r\ndalam mendorong upaya ijtihad-nya.\r\nKata kunci : Multikausalitas, Syarah{ Hadis, Subul-Salam, al-San‘ani, dan Bulug al-Maram."^^ . "2015-06-26" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "Pascasarjana, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM : 1320510062"^^ . "KHOLILA MUKAROMAH,S.TH.I"^^ . "NIM : 1320510062 KHOLILA MUKAROMAH,S.TH.I"^^ . . . . . . "KAJIAN SYARAH HADIS SUBUL AL-SALAM (Perspektif Historis) (Text)"^^ . . . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "KAJIAN SYARAH HADIS SUBUL AL-SALAM (Perspektif Historis) (Text)"^^ . . . . . "KAJIAN SYARAH HADIS SUBUL AL-SALAM (Perspektif Historis) (Other)"^^ . . . . . . "KAJIAN SYARAH HADIS SUBUL AL-SALAM (Perspektif Historis) (Other)"^^ . . . . . . "KAJIAN SYARAH HADIS SUBUL AL-SALAM (Perspektif Historis) (Other)"^^ . . . . . . "KAJIAN SYARAH HADIS SUBUL AL-SALAM (Perspektif Historis) (Other)"^^ . . . . . . "KAJIAN SYARAH HADIS SUBUL AL-SALAM (Perspektif Historis) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KAJIAN SYARAH HADIS SUBUL AL-SALAM (Perspektif Historis) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KAJIAN SYARAH HADIS SUBUL AL-SALAM (Perspektif Historis) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KAJIAN SYARAH HADIS SUBUL AL-SALAM (Perspektif Historis) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #17604 \n\nKAJIAN SYARAH HADIS SUBUL AL-SALAM (Perspektif Historis)\n\n" . "text/html" . . . "Agama Dan Filsafat" . .