<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KUALITAS TES BAHASA ARAB DAN PRESTASI PESERTA DIDIK\r\nMADRASAH TSANAWIYAH KABUPATEN BANTUL\r\n( Analisis Butir Soal UAMBN Tahun Ajaran 2013/2014)"^^ . "Sri Suharti, Kualitas Tes Bahasa Arab dan Prestasi Peserta Didik Madrasah\r\nTsanawiyah Kabupaten Bantul ( Analisis Butir Soal UAMBN Tahun Ajaran\r\n2013/2014), Yogyakarta, 2015.\r\nSalah satu tujuan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional\r\n(UAMBN) adalah untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik pada\r\nakhir jenjang satuan pendidikan sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan\r\n(SKL). Pada jenjang MTs, UAMBN terdiri dari mata pelajaran Al-Qur‟an Hadis,\r\nAkidah Akhlak, Fikih, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dan Bahasa Arab.\r\nUAMBN sebagai alat penilaian yang dilakukan oleh pemerintah harus\r\nmenggunakan instrumen yang memiliki kualitas sangat baik. Kualitas instrumen\r\npenilaian dapat dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini bertujuan\r\nuntuk menjelaskan kualitas tes Bahasa Arab dan dianalisis secara kualitatif dan\r\nkuantitatif. Kualitas butir soal secara kualitatif mencakup tujuh indikator yaitu,\r\npertama materi pelajaran terdiri dari keas VII, VIII, dan IX, kedua butir soal\r\nsesuai dengan SKL, ketiga butir soal sesuai dengan indikator pencapaian, keempat\r\nbutir soal mengacu pada ruang lingkup tes Bahasa Arab tertulis, kelima butir soal\r\nmemiliki kunci jawaban dan hanya satu jawaban yang benar, keenam butir soal\r\nmenggunakan Bahasa Arab yang benar, ketujuh butir soal menggunakan bahasa\r\nyang komunikatif. Kualitas butir soal secara kuantitatif mencakup validitas\r\nkonkuren, tingkat kesukaran, daya beda dan fungsi distraktor.\r\nPenelitian ini menggunakan pendekatan evaluatif dan jenis penelitianya\r\nex post facto. Teori yang digunakan dalam penelitian ini mencakup prinsipprinsip\r\nevaluasi, teknik penulisan butir soal, teknik analisis butir soal. Data\r\ndikumpulkan dengan cara dokumentasi dan angket kemudian dianalisis dengan\r\nstatistik deskriptif prosentatif.\r\nPenelitian ini menemukan bahwa secara kualitatif menunjukkan hasil\r\n100% ( termasuk sangat baik) materi pelajaran mencakup kelas VII, VII dan IX,\r\n58% (termasuk sedang) butir soal sesuai dengan SKL, 82% (termasuk baik) butir\r\nsoal sesuai dengan indikator pencapaian, 100% (termasuk sangat baik) butir soal\r\nmengacu pada ruang lingkup tes Bahasa Arab tertulis, 96% (termasuk sangat baik)\r\nbutir soal memiliki kunci jawaban dan hanya satu jawaban yang benar, 90% butir\r\nsoal menggunakan Bahasa Arab yang benar menunjukkan, 60% (termasuk\r\nsedang) butir soal menggunakan bahasa yang komunikatif. Seacra kuantitatif\r\nmenunjukkan 52% (termasuk sedang) valid, 48% invalid. Dari segi tingkat\r\nkesukaran, menunjukkan hasil 10% mudah, 68% (termasuk sedang) sedang, 22%\r\nsukar. Dari segi daya beda, menunjukkan hasil 24% ditolak, 42% direvisi, 34%\r\n(termasuk rendah) diterima. Dari segi fungsi distraktor, menunjukkan hasil 96 %\r\nberfungsi, Dari segi reliabilitas menunjukkan hasil bahwa tes UAMBN Bahasa\r\nArab tidak reliabel. Prestasi belajar Bahasa Arab peserta didik menunjukkan hasil\r\n3,77% (termasuk rendah sekali) dapat melampoi Krieteria Ketuntasan Minimal\r\n(KKM) dan 96,23% tidak dapat melampoi KKM.\r\nKata kunci : Kualitas butir soal, kualitatif, kuantitatif,"^^ . "2015-07-03" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "Pascasarjana, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM: 1320410079"^^ . "SRI SUHARTI"^^ . "NIM: 1320410079 SRI SUHARTI"^^ . . . . . . "KUALITAS TES BAHASA ARAB DAN PRESTASI PESERTA DIDIK\r\nMADRASAH TSANAWIYAH KABUPATEN BANTUL\r\n( Analisis Butir Soal UAMBN Tahun Ajaran 2013/2014) (Text)"^^ . . . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "KUALITAS TES BAHASA ARAB DAN PRESTASI PESERTA DIDIK\r\nMADRASAH TSANAWIYAH KABUPATEN BANTUL\r\n( Analisis Butir Soal UAMBN Tahun Ajaran 2013/2014) (Text)"^^ . . . . . "KUALITAS TES BAHASA ARAB DAN PRESTASI PESERTA DIDIK\r\nMADRASAH TSANAWIYAH KABUPATEN BANTUL\r\n( Analisis Butir Soal UAMBN Tahun Ajaran 2013/2014) (Other)"^^ . . . . . . "KUALITAS TES BAHASA ARAB DAN PRESTASI PESERTA DIDIK\r\nMADRASAH TSANAWIYAH KABUPATEN BANTUL\r\n( Analisis Butir Soal UAMBN Tahun Ajaran 2013/2014) (Other)"^^ . . . . . . "KUALITAS TES BAHASA ARAB DAN PRESTASI PESERTA DIDIK\r\nMADRASAH TSANAWIYAH KABUPATEN BANTUL\r\n( Analisis Butir Soal UAMBN Tahun Ajaran 2013/2014) (Other)"^^ . . . . . . "KUALITAS TES BAHASA ARAB DAN PRESTASI PESERTA DIDIK\r\nMADRASAH TSANAWIYAH KABUPATEN BANTUL\r\n( Analisis Butir Soal UAMBN Tahun Ajaran 2013/2014) (Other)"^^ . . . . . . "KUALITAS TES BAHASA ARAB DAN PRESTASI PESERTA DIDIK\r\nMADRASAH TSANAWIYAH KABUPATEN BANTUL\r\n( Analisis Butir Soal UAMBN Tahun Ajaran 2013/2014) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KUALITAS TES BAHASA ARAB DAN PRESTASI PESERTA DIDIK\r\nMADRASAH TSANAWIYAH KABUPATEN BANTUL\r\n( Analisis Butir Soal UAMBN Tahun Ajaran 2013/2014) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KUALITAS TES BAHASA ARAB DAN PRESTASI PESERTA DIDIK\r\nMADRASAH TSANAWIYAH KABUPATEN BANTUL\r\n( Analisis Butir Soal UAMBN Tahun Ajaran 2013/2014) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KUALITAS TES BAHASA ARAB DAN PRESTASI PESERTA DIDIK\r\nMADRASAH TSANAWIYAH KABUPATEN BANTUL\r\n( Analisis Butir Soal UAMBN Tahun Ajaran 2013/2014) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #17618 \n\nKUALITAS TES BAHASA ARAB DAN PRESTASI PESERTA DIDIK \nMADRASAH TSANAWIYAH KABUPATEN BANTUL \n( Analisis Butir Soal UAMBN Tahun Ajaran 2013/2014)\n\n" . "text/html" . . . "Ilmu Agama Islam" . .