%A NIM: 1320410079 SRI SUHARTI %O Dr. Abdul Munip, M.Ag. %T KUALITAS TES BAHASA ARAB DAN PRESTASI PESERTA DIDIK MADRASAH TSANAWIYAH KABUPATEN BANTUL ( Analisis Butir Soal UAMBN Tahun Ajaran 2013/2014) %X Sri Suharti, Kualitas Tes Bahasa Arab dan Prestasi Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Bantul ( Analisis Butir Soal UAMBN Tahun Ajaran 2013/2014), Yogyakarta, 2015. Salah satu tujuan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) adalah untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik pada akhir jenjang satuan pendidikan sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Pada jenjang MTs, UAMBN terdiri dari mata pelajaran Al-Qur‟an Hadis, Akidah Akhlak, Fikih, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dan Bahasa Arab. UAMBN sebagai alat penilaian yang dilakukan oleh pemerintah harus menggunakan instrumen yang memiliki kualitas sangat baik. Kualitas instrumen penilaian dapat dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kualitas tes Bahasa Arab dan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Kualitas butir soal secara kualitatif mencakup tujuh indikator yaitu, pertama materi pelajaran terdiri dari keas VII, VIII, dan IX, kedua butir soal sesuai dengan SKL, ketiga butir soal sesuai dengan indikator pencapaian, keempat butir soal mengacu pada ruang lingkup tes Bahasa Arab tertulis, kelima butir soal memiliki kunci jawaban dan hanya satu jawaban yang benar, keenam butir soal menggunakan Bahasa Arab yang benar, ketujuh butir soal menggunakan bahasa yang komunikatif. Kualitas butir soal secara kuantitatif mencakup validitas konkuren, tingkat kesukaran, daya beda dan fungsi distraktor. Penelitian ini menggunakan pendekatan evaluatif dan jenis penelitianya ex post facto. Teori yang digunakan dalam penelitian ini mencakup prinsipprinsip evaluasi, teknik penulisan butir soal, teknik analisis butir soal. Data dikumpulkan dengan cara dokumentasi dan angket kemudian dianalisis dengan statistik deskriptif prosentatif. Penelitian ini menemukan bahwa secara kualitatif menunjukkan hasil 100% ( termasuk sangat baik) materi pelajaran mencakup kelas VII, VII dan IX, 58% (termasuk sedang) butir soal sesuai dengan SKL, 82% (termasuk baik) butir soal sesuai dengan indikator pencapaian, 100% (termasuk sangat baik) butir soal mengacu pada ruang lingkup tes Bahasa Arab tertulis, 96% (termasuk sangat baik) butir soal memiliki kunci jawaban dan hanya satu jawaban yang benar, 90% butir soal menggunakan Bahasa Arab yang benar menunjukkan, 60% (termasuk sedang) butir soal menggunakan bahasa yang komunikatif. Seacra kuantitatif menunjukkan 52% (termasuk sedang) valid, 48% invalid. Dari segi tingkat kesukaran, menunjukkan hasil 10% mudah, 68% (termasuk sedang) sedang, 22% sukar. Dari segi daya beda, menunjukkan hasil 24% ditolak, 42% direvisi, 34% (termasuk rendah) diterima. Dari segi fungsi distraktor, menunjukkan hasil 96 % berfungsi, Dari segi reliabilitas menunjukkan hasil bahwa tes UAMBN Bahasa Arab tidak reliabel. Prestasi belajar Bahasa Arab peserta didik menunjukkan hasil 3,77% (termasuk rendah sekali) dapat melampoi Krieteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan 96,23% tidak dapat melampoi KKM. Kata kunci : Kualitas butir soal, kualitatif, kuantitatif, %K Kualitas butir soal, kualitatif, kuantitatif, %D 2015 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib17618