relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17624/
title: IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK  DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB  DI MAN YOGYAKARTA I DAN MAN MAGUWOHARJO
creator: MUHAMMAD THARIQ AZIZ, S.PD.I, NIM: 1320410095
subject: Pendidikan Islam (Pesantren)
description: Penelitian ini dilatar  belakangi oleh adanya perubahan kurikulum darai kurikulum KTSP menjadi  kurikulum 2013. Perubahan kurikulum menyebabkan perubahan pola pendidikan  dari teacher centered menjadai student centered. Pendekatan pembelajaran yang  dilakukan juga berubah, pada Kurikulum 2013 pendekatan yang digunakan adalah  pendekatan saintifik. Realisasi dilapangan pelaksanaan masih mengalami kendala  teknis yang membutuhkan perhatian untuk ditindak lanjuti.  Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif.  Data dikumpulkan dengan menggunakan metode dokumentasi, observasi, dan  wawancara. Data dianalisis melalui reduksi data, klasifikasi dan penyajian data,  dan penarikan simpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Arab  kelas X di MAN Yogyakrta I dan MAN Maguwoharjo.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Konsep pendekatan saintifik  dalam pembelajaran bahasa Arab secara umum telah sesuai dengan tiga kriteria  umum pendekatan ilmiah yaitu rasional, empirik, dan sistematik (2) Perencanaan  pembelajaran bahasa Arab di MAN Yogyakarta I dan MAN Maguwoharjo  berdasarkan pendekatan saintifik, menunjukkan bahwa kegiatan pendekatan  saintifik direncanakan pada komponen langkah-langkah pembelajaran, (3) Proses  pembelajaran yang berlangsung di MAN Yogyakrta I dan MAN Maguwoharjo  menunjukkan bahwa langkah-langkah kegiatan dalam pendekatan saintifik yaitu  mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasi, dan  mengkomunikasikan terlaksana dalam kegiatan pembelajaran dan terlaksana  sesuai dengan kompetensi inti yang diharapkan, (4) perencanaan pembelajaran di  MAN Yogyakarta I dan MAN Maguwoharjo memiliki kesamaan, dalam proses  pembelajaran keduanya menggunakan model pembelajaran yang sama yaitu  cooperative learning dan problem based learning, metode dominan yang  digunakan adalah diskusi. Kendala yang dihadapi adalah kurangnya alokasi waktu  dan buku pegangan siswa yang masih banyak kekurangan. Perbedaan yang ada  antara keduanya adalah pada penilaian, MAN Yogyakarta I menggunakan  penilaian otentik, sedangkan MAN Maguwoharjo menggunakan penilaian KTSP  2006,  Kata Kunci : Pendekatan Saintifik, Pembelajaran Bahasa Arab
date: 2015-07-03
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17624/1/BAB%20I%2C%20%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17624/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf
identifier:   MUHAMMAD THARIQ AZIZ, S.PD.I, NIM: 1320410095  (2015) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MAN YOGYAKARTA I DAN MAN MAGUWOHARJO.  Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.