eprintid: 17624 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/01/76/24 datestamp: 2015-10-22 04:15:13 lastmod: 2015-10-22 04:15:13 status_changed: 2015-10-22 04:15:13 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MUHAMMAD THARIQ AZIZ, S.PD.I, NIM: 1320410095 title: IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MAN YOGYAKARTA I DAN MAN MAGUWOHARJO ispublished: pub subjects: pen_isl divisions: pps_pai full_text_status: restricted keywords: Pendekatan Saintifik, Pembelajaran Bahasa Arab note: Dr. Maksudin, M.Ag. abstract: Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya perubahan kurikulum darai kurikulum KTSP menjadi kurikulum 2013. Perubahan kurikulum menyebabkan perubahan pola pendidikan dari teacher centered menjadai student centered. Pendekatan pembelajaran yang dilakukan juga berubah, pada Kurikulum 2013 pendekatan yang digunakan adalah pendekatan saintifik. Realisasi dilapangan pelaksanaan masih mengalami kendala teknis yang membutuhkan perhatian untuk ditindak lanjuti. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data dianalisis melalui reduksi data, klasifikasi dan penyajian data, dan penarikan simpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Arab kelas X di MAN Yogyakrta I dan MAN Maguwoharjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Konsep pendekatan saintifik dalam pembelajaran bahasa Arab secara umum telah sesuai dengan tiga kriteria umum pendekatan ilmiah yaitu rasional, empirik, dan sistematik (2) Perencanaan pembelajaran bahasa Arab di MAN Yogyakarta I dan MAN Maguwoharjo berdasarkan pendekatan saintifik, menunjukkan bahwa kegiatan pendekatan saintifik direncanakan pada komponen langkah-langkah pembelajaran, (3) Proses pembelajaran yang berlangsung di MAN Yogyakrta I dan MAN Maguwoharjo menunjukkan bahwa langkah-langkah kegiatan dalam pendekatan saintifik yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan terlaksana dalam kegiatan pembelajaran dan terlaksana sesuai dengan kompetensi inti yang diharapkan, (4) perencanaan pembelajaran di MAN Yogyakarta I dan MAN Maguwoharjo memiliki kesamaan, dalam proses pembelajaran keduanya menggunakan model pembelajaran yang sama yaitu cooperative learning dan problem based learning, metode dominan yang digunakan adalah diskusi. Kendala yang dihadapi adalah kurangnya alokasi waktu dan buku pegangan siswa yang masih banyak kekurangan. Perbedaan yang ada antara keduanya adalah pada penilaian, MAN Yogyakarta I menggunakan penilaian otentik, sedangkan MAN Maguwoharjo menggunakan penilaian KTSP 2006, Kata Kunci : Pendekatan Saintifik, Pembelajaran Bahasa Arab date: 2015-07-03 date_type: published pages: 161 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other citation: MUHAMMAD THARIQ AZIZ, S.PD.I, NIM: 1320410095 (2015) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MAN YOGYAKARTA I DAN MAN MAGUWOHARJO. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17624/1/BAB%20I%2C%20%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17624/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf