@mastersthesis{digilib17633, month = {June}, title = {BIMBINGAN DAN KONSELING GESTALT BERBASIS ISLAM UNTUK MENINGKATKAN SELF REGULATED LEARNING SISWA MTS AL-FALAAH PANDAK BANTUL YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM: 1320410116 NURVIYANTI}, year = {2015}, note = {Ibu Dr. Hj. Imas Rahman, M. Pd. I}, keywords = {Bimbingan dan Konseling, Gestalt, Berbasis Islam, Self Regulated Learning.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17633/}, abstract = {Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan siswa dibidang akademik dan adanya peluang mengenai penggunaan konsep keilmuan Islam yang dijadikan sebagai materi dalam layanan bimbingan dan konseling Islam di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektifitas bimbingan dan konseling Gestalt berbasis Islam untuk meningkatkan self regulated learning siswa MTs Al- Falaah Pandak Bantul Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan pretest-posttest group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh santri kelas VII MTs Al-Falah Pandak. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik random assigment sebanyak 24 siswa kelas VI MTs. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket, observasi dan wawancara. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji beda T-Test. Independent sample test untuk menganalis perbedaan pada kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol, sedangkan paired sample test untuk menganalisis perbedaan skor pre-test dengan post test pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian dari analisis independent sample test diperoleh nilai Sig, ini menunjukkan sig. 0,003 {\ensuremath{<}} 0,05 artinya terdapat perbedaan skor self regulated learning siswa antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Sedangkan dari hasil analisis paired sample test pada kelompok eksperimen diperoleh nilai sig. 0,005 {\ensuremath{<}} 0,05 artinya terdapat perbedaan peningkatan skor self regulated learning siswa antara sebelum dan sesudah diberikan intervensi berupa bimbingan dan konseling Gestalt berbasis Islam. Pada kelompok kontrol diperoleh nilai sig. 0,176 {\ensuremath{>}} 0,05 artinya tidak terdapat perbedaan skor self regulated learning antara post test dengan pre test. Dari hasil analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa bimbingan dan konseling Gestalt berbasis Islam efektif digunakan untuk meningkatkan self regulated learning siswa MTs Al-Falaah Pandak Bantul Yogyakarta. Kata Kunci : Bimbingan dan Konseling, Gestalt, Berbasis Islam, Self Regulated Learning.} }