%0 Thesis %9 Masters %A MUHAMMAD SUBHAN, NIM: 1320410123 %B Pascasarjana %D 2015 %F digilib:17636 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE MUBASYAROH %P 108 %T EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE MUBASYAROH DALAM MENGATASI RENDAHNYA MAHAROH KALAM DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS X DI MAN YOGYAKARTA III %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17636/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan keterampilan berbicara (maharah kalam) antara kelompok yang dibelajarkan melalui metode mubasyarah dengan kelompok yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional siswa kelas X MAN Yogyakarta III. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang populasinya seluruh siswa kelas X di MAN Yogyakarta III. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas X IPS 2 MAN Yogyakarta III yang berjumlah 32 orang siswa dan siswa kelas X MIPA 3 MAN Yogyakarta III yang berjumlah 32 orang siswa. Data keterampilan berbicara siswa diperoleh dengan instrument tes keterampilan berbicara yang dilengkapi rubrik penilaian. Hasil tes akhir pembelajaran (post-test) diketahui bahwa rata-rata nilai keterampilan berbicara kelompok eksperimen adalah 80,38 dan kelompok kontrol adalah 76,81. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan statistik uji t, diperoleh t hitung= 3,074 > t tabel= 1.999. Maka terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan berbicara antara kelompok yang dibelajarkan melalui metode mubasyarah dengan kelompok yang dibelajarkan melalui metode konvensional dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas X MAN Yogyakarta III. Jadi disimpulkan bahwa pembelajaran bahasa Arab dengan metode mubasyarah berpengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa kelas X MAN Yogyakarta III. %Z Prof. Dr. Alwan Khoiri, M.A