TY - THES N1 - Prof. Dr. Alwan Khoiri, M.A ID - digilib17636 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17636/ A1 - MUHAMMAD SUBHAN, NIM: 1320410123 Y1 - 2015/06/11/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan keterampilan berbicara (maharah kalam) antara kelompok yang dibelajarkan melalui metode mubasyarah dengan kelompok yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional siswa kelas X MAN Yogyakarta III. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang populasinya seluruh siswa kelas X di MAN Yogyakarta III. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas X IPS 2 MAN Yogyakarta III yang berjumlah 32 orang siswa dan siswa kelas X MIPA 3 MAN Yogyakarta III yang berjumlah 32 orang siswa. Data keterampilan berbicara siswa diperoleh dengan instrument tes keterampilan berbicara yang dilengkapi rubrik penilaian. Hasil tes akhir pembelajaran (post-test) diketahui bahwa rata-rata nilai keterampilan berbicara kelompok eksperimen adalah 80,38 dan kelompok kontrol adalah 76,81. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan statistik uji t, diperoleh t hitung= 3,074 > t tabel= 1.999. Maka terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan berbicara antara kelompok yang dibelajarkan melalui metode mubasyarah dengan kelompok yang dibelajarkan melalui metode konvensional dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas X MAN Yogyakarta III. Jadi disimpulkan bahwa pembelajaran bahasa Arab dengan metode mubasyarah berpengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa kelas X MAN Yogyakarta III. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE MUBASYAROH M1 - masters TI - EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE MUBASYAROH DALAM MENGATASI RENDAHNYA MAHAROH KALAM DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS X DI MAN YOGYAKARTA III AV - restricted EP - 108 ER -