<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENDIDIKAN BERBASIS SKS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI\r\nAKADEMIK SISWA KELAS SCI (SISWA CERDAS ISTIMEWA)\r\n(STUDI KASUS DI SMA TAKHASSUS AL-QUR’AN KALIBEBER WONOSOBO)"^^ . "ARFIE BAYU SANTOSO. Pendidikan Berbasis SKS (Sistem Kredit\r\nSemester) Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Siswa Kelas SCI (Studi\r\nKasus di SMA Takhassus Al-Qur’an Kalibeber Wonosobo). Tesis. Yogyakarta:\r\nProgram Studi Pendidikan Islam, Konsentrasi Pendidikan Agama Islam. UIN\r\nSunan Kalijaga Yogyakarta, 2015.\r\nLatar belakang penelitian ini adalah peningkatan kualitas pendidikan\r\nmelalui inovasi yang dilakukan dengan program Sistem Kredit Semester (SKS)\r\npada jenjang Sekolah Menengah Atas. Program SKS di jenjang skeolah menunjuk\r\npada pemberian fasilitas kepada siswa yang memiliki bakat dan kecerdasan di atas\r\nrata-rata agar mampu menguasai banyak isi pelajaran dalam rentang waktu yang\r\nrelatif lebih singkat. Pelaksanaan program SKS bagi kelas SCI (Siswa Cerdas\r\nIstimewa) di SMA Takhassus Al-Qur’an Kalibeber Wonosobo memiliki tujuan\r\nuntuk mengoptimalkan pengembangan potensi siswa dan mampu meningkatkan\r\nkualitas pendidikan yang ada di sekolah ini.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di\r\nSMA Takhassus Al-Qur’an Kalibeber Wonosobo. Pengumpulan data dilakukan\r\ndengan mengadakan pengamatan atau observasi, wawancara, serta dokumentasi.\r\nAnalisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang\r\ndikumpulkan, kemudian dari makna data tersebut penulis menarik kesimpulan.\r\nHasil penelitian menunjukkan: (1) Implementasi SKS yang diterapkan di\r\nSMA Takhassus Al-Qur’an tampak pada beberapa kegiatan berikut ini:\r\npersyaratan penyelenggaraan pada kategori sekolah mandiri, penyelenggaraan\r\npembelajaran on/off, beban belajar yang harus ditempuh peserta didik yaitu\r\nminimal 114 SKS dan maksimal 126 SKS, mekanisme penjurusan yang\r\ndidasarkan pada panduan penyusunan laporan hasil belajar dari Dit. penilaian\r\nyang menyertakan indeks prestasi (IP), penentuan indeks prestasi yang didasarkan\r\nkemampuan siswa dalam menempuh semua mata pelajaran pada satu semester,\r\npenentuan kelulusan yang didasarkan pada kemampuan siswa dalam\r\nmenyelesaikan seluruh program pembelajaran dengan beban belajar 126 SKS, dan\r\nsiswa cerdas istimewa yang diakomodasi dengan pembelajaran khusus oleh\r\nsekolah. (2) Hasil pencapaian dari penyelenggaraan pendidikan berbasis SKS\r\ndalam meningkatkan prestasi akademik siswa kelas SCI di SMA Takhassus Al-\r\nQur’an, tercermin dari indikator prestasi belajar. Indikator prestasi belajar\r\nmeliputi; aspek koqnitif, afektif, dan psikomotorik. (3) Faktor pendukung\r\npenyelenggaraan sistem kredit semester dalam meningkatkan prestasi akademik\r\nsiswa kelas SCI di SMA Takhassus Al-Qur’an meliputi; kepemimpinan yang\r\nberwibawa, iklim pembelajaran yang kondusif, performance/kinerja Guru,\r\ndorongan belajar tuntas peserta didik, dukungan dari Stakeholders, orang tua dan\r\nMasyarakat. Selanjutnya; Faktor penghambat penyelenggaraan sistem kredit\r\nsemester dalam meningkatkan prestasi akademik siswa kelas SCI (siswa cerdas\r\nistimewa) di SMA Takhassus Al-Qur’an, meliputi; kerepotan Guru, kesulitan\r\npeserta didik dalam pindah sekolah, kurang disiplinnya peserta didik, kesulitan\r\npendanaan, kelengkapan sarana prasarana, dan beban belajar di pondok pesantren."^^ . "2015-05-20" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PROGRAM PASCASARJANA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1320411018"^^ . "ARFIE BAYU SANTOSO"^^ . "NIM. 1320411018 ARFIE BAYU SANTOSO"^^ . . . . . . "PENDIDIKAN BERBASIS SKS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI\r\nAKADEMIK SISWA KELAS SCI (SISWA CERDAS ISTIMEWA)\r\n(STUDI KASUS DI SMA TAKHASSUS AL-QUR’AN KALIBEBER WONOSOBO) (Text)"^^ . . . "PENDIDIKAN BERBASIS SKS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI\r\nAKADEMIK SISWA KELAS SCI (SISWA CERDAS ISTIMEWA)\r\n(STUDI KASUS DI SMA TAKHASSUS AL-QUR’AN KALIBEBER WONOSOBO) (Text)"^^ . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENDIDIKAN BERBASIS SKS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI\r\nAKADEMIK SISWA KELAS SCI (SISWA CERDAS ISTIMEWA)\r\n(STUDI KASUS DI SMA TAKHASSUS AL-QUR’AN KALIBEBER WONOSOBO) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENDIDIKAN BERBASIS SKS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI\r\nAKADEMIK SISWA KELAS SCI (SISWA CERDAS ISTIMEWA)\r\n(STUDI KASUS DI SMA TAKHASSUS AL-QUR’AN KALIBEBER WONOSOBO) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENDIDIKAN BERBASIS SKS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI\r\nAKADEMIK SISWA KELAS SCI (SISWA CERDAS ISTIMEWA)\r\n(STUDI KASUS DI SMA TAKHASSUS AL-QUR’AN KALIBEBER WONOSOBO) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENDIDIKAN BERBASIS SKS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI\r\nAKADEMIK SISWA KELAS SCI (SISWA CERDAS ISTIMEWA)\r\n(STUDI KASUS DI SMA TAKHASSUS AL-QUR’AN KALIBEBER WONOSOBO) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENDIDIKAN BERBASIS SKS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI\r\nAKADEMIK SISWA KELAS SCI (SISWA CERDAS ISTIMEWA)\r\n(STUDI KASUS DI SMA TAKHASSUS AL-QUR’AN KALIBEBER WONOSOBO) (Other)"^^ . . . . . . "PENDIDIKAN BERBASIS SKS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI\r\nAKADEMIK SISWA KELAS SCI (SISWA CERDAS ISTIMEWA)\r\n(STUDI KASUS DI SMA TAKHASSUS AL-QUR’AN KALIBEBER WONOSOBO) (Other)"^^ . . . . . . "PENDIDIKAN BERBASIS SKS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI\r\nAKADEMIK SISWA KELAS SCI (SISWA CERDAS ISTIMEWA)\r\n(STUDI KASUS DI SMA TAKHASSUS AL-QUR’AN KALIBEBER WONOSOBO) (Other)"^^ . . . . . . "PENDIDIKAN BERBASIS SKS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI\r\nAKADEMIK SISWA KELAS SCI (SISWA CERDAS ISTIMEWA)\r\n(STUDI KASUS DI SMA TAKHASSUS AL-QUR’AN KALIBEBER WONOSOBO) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #17643 \n\nPENDIDIKAN BERBASIS SKS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI \nAKADEMIK SISWA KELAS SCI (SISWA CERDAS ISTIMEWA) \n(STUDI KASUS DI SMA TAKHASSUS AL-QUR’AN KALIBEBER WONOSOBO)\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .