<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN LINGKUNGAN HIDUP\r\n(Studi Kasus di SMA Negeri Banyumas Kabupaten Banyumas"^^ . "Afik Ahsanti (NIM: 1320411038) Pendidikan Agama Islam\r\nBerwawasan Lingkungan Hidup (Studi Kasus di SMA Negeri Banyumas\r\nKabupaten Banyumas). Konsentrasi Pendidikan Agama Islam, Program Studi\r\nPendidikan Islam, Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.\r\nSMA Negeri Banyumas adalah salah satu sekolah yang melaksanakan\r\nkegiatan pembelajarannya yang berorientasi pada pendidikan lingkungan hidup.\r\nPenelitian ini berusaha mengungkap arti penting program PAI berwawasan\r\nlingkungan hidup, konsep PAI berwawasan lingkungan hidup, pelaksanaan PAI\r\nberwawasan lingkungan hidup yang terjabar melalui tiga kegiatan yaitu\r\nintrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler, faktor pendukung dan penghambat\r\nserta solusinya dalam mengatasi hambatan tersebut.\r\nJenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang\r\nberbentuk studi kasus (case study). Data diperoleh melalui observasi, wawancara\r\ndan dokumentasi dan triangulasi. Analisis dilakukan dengan cara menelaah\r\nseluruh data, mereduksi data, menyusun data dalam satu kesatuan (display data),\r\ndan conclusion drawing/verification.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa program wawasan lingkungan\r\nhidup dalam PAI adalah untuk mewujudkan peserta didik yang cinta lingkungan\r\nkarena manusia diciptakan sebagai khalifah yang bertugas untuk mengemban\r\namanah dari Allah. Konsep PAI berwawasan lingkungan hidup terjabar melalui\r\ndua konsep. Konsep yang pertama melalui tiga pendekatan yaitu pendekatan\r\nmanipulasi, habituasi dan keteladanan. Pendekatan manipulasi dilakukan oleh\r\npihak sekolah dalam rangka menciptakan iklim yang kondusif berupa\r\npembangunan fisik lingkungan sekolah. Pendekatan habituasi merupakan\r\npendekatan yang lebih menekankan pada pembentukan pribadi yang berperilaku\r\ncinta lingkungan dengan membiasakan hal-hal yang baik terhadap lingkungan.\r\nPendekatan keteladanan merupakan metode efektif yang dilakukan sekolah untuk\r\ndijadikan sebagai contoh bagi seluruh peserta didik. Konsep kedua yaitu melalui\r\nstruktur kurikulum melalui pengintegrasian Pendidikan Lingkungan Hidup dalam\r\nseluruh mata pelajaran. Pelaksanaan PAI berwawasan lingkungan hidup dilakukan\r\nmelalui tiga kegiatan yaitu pertama, kegiatan intrakurikuler yang dilakukan\r\nmelalui kegiatan pembelajaran di kelas yang mengarahkan pembelajarannya ke\r\npendidikan lingkungan hidup dengan berbagai variasi pendekatan, metode dan\r\nstrategi pembelajaran yang menekankan aspek Al-Quran Hadits. Kedua, kegiatan\r\nkokurikuler dilaksanakan di luar jam pembelajaran di kelas. Kegiatan ini\r\ndilakukan melalui beberapa kegiatan yaitu tugas tentang pembuatan artikel\r\npelestarian alam dalam pandangan Islam, taddabur alam dan peringatan hari\r\nlingkungan hidup, Ketiga, kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung PAI\r\nberwawasan lingkungan hidup yaitu ROHIS, green team, PMR dan Pecinta Alam.\r\nFaktor pendukung dari pelaksanaan PAI berwawasan lingkungan hidup\r\nyaitu warga sekolah mempunyai sikap bahwa pendidikan lingkungan hidup\r\npenting, warga sekolah menyadari bahwa manusia adalah bagian dari lingkungan,\r\ndorongan untuk menyelamatkan lingkungan, adanya program adiwiyata, dan\r\nkomunitas adiwiyata school. Faktor penghambat antara lain tingkat kesungguhan\r\ndalam memelihara lingkungan berbeda, belum banyak agent ramah lingkungan,\r\ntidak semua warga sekolah baik terhadap lingkungannya. Solusi untuk faktor\r\npenghambat antara lain penanaman kesadaran lingkungan melalui bencana alam,\r\npengelolaan lingkungan sosial dalam bentuk pembiasaan perilaku-perilaku nyata\r\nyang positif diantaranya kedisiplinan, ajakan hemat energi, kerja sama,\r\nkepedulian, kejujuran dan menghargai kearifan lokal, mengupayakan program\r\nbank pohon dan melestarikan lingkungan hidup melalui pendidikan tauhid, akhlak\r\ndan akal."^^ . "2015-04-27" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "Pascasarjana, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM: 1320411038"^^ . "AFIK AHSANTI"^^ . "NIM: 1320411038 AFIK AHSANTI"^^ . . . . . . "PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN LINGKUNGAN HIDUP\r\n(Studi Kasus di SMA Negeri Banyumas Kabupaten Banyumas (Text)"^^ . . . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN LINGKUNGAN HIDUP\r\n(Studi Kasus di SMA Negeri Banyumas Kabupaten Banyumas (Text)"^^ . . . . . "PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN LINGKUNGAN HIDUP\r\n(Studi Kasus di SMA Negeri Banyumas Kabupaten Banyumas (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN LINGKUNGAN HIDUP\r\n(Studi Kasus di SMA Negeri Banyumas Kabupaten Banyumas (Other)"^^ . . . . . . "PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN LINGKUNGAN HIDUP\r\n(Studi Kasus di SMA Negeri Banyumas Kabupaten Banyumas (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN LINGKUNGAN HIDUP\r\n(Studi Kasus di SMA Negeri Banyumas Kabupaten Banyumas (Other)"^^ . . . . . . "PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN LINGKUNGAN HIDUP\r\n(Studi Kasus di SMA Negeri Banyumas Kabupaten Banyumas (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN LINGKUNGAN HIDUP\r\n(Studi Kasus di SMA Negeri Banyumas Kabupaten Banyumas (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN LINGKUNGAN HIDUP\r\n(Studi Kasus di SMA Negeri Banyumas Kabupaten Banyumas (Other)"^^ . . . . . . "PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN LINGKUNGAN HIDUP\r\n(Studi Kasus di SMA Negeri Banyumas Kabupaten Banyumas (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #17660 \n\nPENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN LINGKUNGAN HIDUP \n(Studi Kasus di SMA Negeri Banyumas Kabupaten Banyumas\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Islam (Pesantren)" . .