TY - THES N1 - Dr. H. Maksudin, M.Ag., ID - digilib17660 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17660/ A1 - AFIK AHSANTI, NIM: 1320411038 Y1 - 2015/04/27/ N2 - Afik Ahsanti (NIM: 1320411038) Pendidikan Agama Islam Berwawasan Lingkungan Hidup (Studi Kasus di SMA Negeri Banyumas Kabupaten Banyumas). Konsentrasi Pendidikan Agama Islam, Program Studi Pendidikan Islam, Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. SMA Negeri Banyumas adalah salah satu sekolah yang melaksanakan kegiatan pembelajarannya yang berorientasi pada pendidikan lingkungan hidup. Penelitian ini berusaha mengungkap arti penting program PAI berwawasan lingkungan hidup, konsep PAI berwawasan lingkungan hidup, pelaksanaan PAI berwawasan lingkungan hidup yang terjabar melalui tiga kegiatan yaitu intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler, faktor pendukung dan penghambat serta solusinya dalam mengatasi hambatan tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang berbentuk studi kasus (case study). Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dan triangulasi. Analisis dilakukan dengan cara menelaah seluruh data, mereduksi data, menyusun data dalam satu kesatuan (display data), dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program wawasan lingkungan hidup dalam PAI adalah untuk mewujudkan peserta didik yang cinta lingkungan karena manusia diciptakan sebagai khalifah yang bertugas untuk mengemban amanah dari Allah. Konsep PAI berwawasan lingkungan hidup terjabar melalui dua konsep. Konsep yang pertama melalui tiga pendekatan yaitu pendekatan manipulasi, habituasi dan keteladanan. Pendekatan manipulasi dilakukan oleh pihak sekolah dalam rangka menciptakan iklim yang kondusif berupa pembangunan fisik lingkungan sekolah. Pendekatan habituasi merupakan pendekatan yang lebih menekankan pada pembentukan pribadi yang berperilaku cinta lingkungan dengan membiasakan hal-hal yang baik terhadap lingkungan. Pendekatan keteladanan merupakan metode efektif yang dilakukan sekolah untuk dijadikan sebagai contoh bagi seluruh peserta didik. Konsep kedua yaitu melalui struktur kurikulum melalui pengintegrasian Pendidikan Lingkungan Hidup dalam seluruh mata pelajaran. Pelaksanaan PAI berwawasan lingkungan hidup dilakukan melalui tiga kegiatan yaitu pertama, kegiatan intrakurikuler yang dilakukan melalui kegiatan pembelajaran di kelas yang mengarahkan pembelajarannya ke pendidikan lingkungan hidup dengan berbagai variasi pendekatan, metode dan strategi pembelajaran yang menekankan aspek Al-Quran Hadits. Kedua, kegiatan kokurikuler dilaksanakan di luar jam pembelajaran di kelas. Kegiatan ini dilakukan melalui beberapa kegiatan yaitu tugas tentang pembuatan artikel pelestarian alam dalam pandangan Islam, taddabur alam dan peringatan hari lingkungan hidup, Ketiga, kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung PAI berwawasan lingkungan hidup yaitu ROHIS, green team, PMR dan Pecinta Alam. Faktor pendukung dari pelaksanaan PAI berwawasan lingkungan hidup yaitu warga sekolah mempunyai sikap bahwa pendidikan lingkungan hidup penting, warga sekolah menyadari bahwa manusia adalah bagian dari lingkungan, dorongan untuk menyelamatkan lingkungan, adanya program adiwiyata, dan komunitas adiwiyata school. Faktor penghambat antara lain tingkat kesungguhan dalam memelihara lingkungan berbeda, belum banyak agent ramah lingkungan, tidak semua warga sekolah baik terhadap lingkungannya. Solusi untuk faktor penghambat antara lain penanaman kesadaran lingkungan melalui bencana alam, pengelolaan lingkungan sosial dalam bentuk pembiasaan perilaku-perilaku nyata yang positif diantaranya kedisiplinan, ajakan hemat energi, kerja sama, kepedulian, kejujuran dan menghargai kearifan lokal, mengupayakan program bank pohon dan melestarikan lingkungan hidup melalui pendidikan tauhid, akhlak dan akal. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Solusi untuk faktor penghambat antara lain penanaman kesadaran lingkungan melalui bencana alam KW - pengelolaan lingkungan sosial dalam bentuk pembiasaan perilaku-perilaku nyata yang positif diantaranya kedisiplinan KW - ajakan hemat energi KW - kerja sama KW - kepedulian KW - kejujuran dan menghargai kearifan lokal KW - mengupayakan program bank pohon dan melestarikan lingkungan hidup melalui pendidikan tauhid KW - akhlak dan akal M1 - masters TI - PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN LINGKUNGAN HIDUP (Studi Kasus di SMA Negeri Banyumas Kabupaten Banyumas AV - restricted EP - 283 ER -