TY - THES N1 - Dr. Sangkot Sirait, M.Ag. ID - digilib17667 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17667/ A1 - Sugeng Fitri Aji, S.Pd.I, NIM. 1320411070 Y1 - 2015/03/06/ N2 - industri yang semakin menuntut ketrampilan kerja serta kehadiran era globalisasi secara nyata ini membuat persaingan untuk mendapat pekerjaan semakin sengit, sehingga dibutuhkan ketrampilan atau kecakapan hidup (life skills) yang berkompeten sehingga lulusan yang dihasilkan dari pendidikan sekolah mampu, sanggup, profesional dan terampil terjun dalam kehidupan nyata. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaiamana implementasi manajemen kurikulum berorientasi pendidikan kecakapan hidup (life skills), bagaimana keberhasilan manajemen kurikulum berorientasi pendidikan kecakapan hidup (life skills). Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisa secara kritis tentang manajemen kurikulum berorientasi pendidikan kecakapan hidup (life skills). Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk menyempurnakan perumusan konsep manajemen kurikulum yang ideal dengan perkembangan zaman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang mengambil latar SMK Ma?arif 1 Kroya tentang manajemen kurikulum berorientasi pendidikan kecakapan hidup (life skills). Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analsisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itu ditarik kesimpulan dengan memaparkan secara deskriptif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan sumber yaitu, membandingkan dan mengecek balik derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh dalam waktu dan melalui metode yang berbeda. Hasil penelitian menunjukan bahwa, Implementasi manajemen kurikulum berorientasi kecakapan hidup (life skills) SMK Ma?arif 1 Kroya sudah lengkap dan telah mengacu pada PP Nomor 19 Tahun 2005 pasal 13 ayat (1) dan ayat (2) yaitu mengembangkan jenis kecakapan mengenal diri (personal skill), kecakapan sosial (social skill), kecakapan akademik (academic skill), dan kecakapan vokasional (vocational skill). Adapun tahapan implementasi manajemen kurikulum yang dilakukan oleh SMK Ma?arif 1 Kroya dibagi menajdi 4 (empat) tahap, yaitu Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, dan Evaluasi. Untuk keberhasilan yang diraih, secara umum dapat diketahui dengan prestasi yang berhasil diraih oleh peserta didik selama ini, dan berdasarkan informasi yang diperoleh dari tenaga pengajar program produktif hampir 90% lulusan setiap tahunnya terserap dalam dunia usaha atau dunia industri (DU/DI) pada perusahaan dan berwiraswasta mandiri, baik lokal maupun nasional. Faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam manajemen kurikulum SMK Ma?arif 1 Kroya yaitu baik dari segi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi harus lebih diperhatikan lagi agar tujuan proses belajar mengajar dapat tercapai dengan maksimal. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Manajemen Kurikulum KW - Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills) M1 - masters TI - MANAJEMEN KURIKULUM BERORIENTASI PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILLS) DI SMK MA?ARIF 1 KROYA CILACAP AV - restricted EP - 176 ER -